Berbagai Pelayanan Publik dan Tampilan Kesenian Ramaikan Festival Kesenian Kademangan

2023

KADEMANGAN - Warga Kecamatan Kademangan memadati Lapangan Kademengan yang terletak di Jalan Tambora pada Senin (20/11) malam. Ya, malam itu Kecamatan Kademangan punya gawe besar untuk menghibur sekaligus mengedukasi warganya dengan giat Festival Kesenian dan Bazar Pelayanan. Berbagai macam kesenian dan pelayanan pun disajikan di lapangan yang luas tersebut.

Camat Kademangan, Gofur Effendy mengungkapkan bahwa dengan adanya acara ini dapat menjadi pemberdayaan dan pengembangan potensi seni budaya yang ada di wilayah Kecamatan Kademangan. Sekaligus memberikan kesempatan kepada kelompok kesenian untuk tampil, sebagai sarana aktualisasi seni dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Juga memberikan pelayanan kesehatan dengan pemberian pengobatan dan konsultasi kesehatan gratis. Dalam hal ini Kecamatan Kademangan berkolaborasi dengan PT. Jasa Raharja, UPT. Puskesmas Ketapang dan PMI Kota Probolinggo. Karena itu, dalam kegiatan ini disediakan dokter, obat-obatan dan cek darah secara gratis,” tutur Camat Gofur.

Selain itu juga untuk memberdayakan UMKM yang ada di Wilayah Kecamatan Kademangan yang terdiri dari perwakilan UMKM 6 (enam) Kelurahan dan UMKM Disabilitas guna memfasilitasi para UMKM untuk memasarkan produknya.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang hadir membuka seremonial giat tersebut malam harinya, sangat menyambut baik acara yang dimulai sejak pukul 15.00 tersebut.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Harapan saya agar kegiatan dan layanannya ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Kademangan,” harap Habib Hadi.

Pada kesempatan tersebut, Habib Hadi juga menyampaikan capaian-capaian kinerja Pemkot Pemerintah di bawah kepemimpinannya dan akan mengakhiri masa jabatannya pada akhir Desember nanti. “Alhamdulillah, dalam menerima kesempatan selama lima tahun ini, saya sudah menjalankan tugas yang menjadi harapan masyarakat. Karena masyarakat telah mempercayakan kepada saya tentunya yang saya janjikan harus terlaksanakan dengan baik. Saya yang dibantu oleh Perangkat Daerah Pemkot Probolinggo bisa mewujudkan visi misi berkat kekompakan dan doa Kota Probolinggo,” jelas Mantan Anggota DPR RI ini.

Habib Hadi juga menguji wawasan warga Kademangan dengan memberikan pertanyaan seputar capaian yang telah diraih oleh Kecamatan Kademangan dari kementerian. Ada lima pertanyaan yang diberikan oleh Wali Kota, warga pun berebut untuk mendapatkan doorprize yang telah dipersiapkan dari sponsor.

Juga ada kupon undian yang diundi langsung oleh Habib Hadi, Staf Ahli Slamet Swantoro, dan Camat Kademangan untuk warga Kademangan yang beruntung.

Sajian Kesenian yang ditampilkan ialah Kesenian Duk-Duk “Sedap Malam”, Padepokan 22, Musik Gambus “Azzafir”, dan Pelangi Band. Sedangkan Bazar Pelayanan dari Samsat Keliling (Pelayanan PBB, STNK, dan e-KTP, Pemerinkasaan Kesehatan dari Puskesmas Ketapang, Sembako Murah, dan berbagai UMKM asli Kecamatan Kademangan. (sit/qie)

BAGIKAN