Buka Sosialisasi Pra-Verifikasi Kenaikan Pangkat Tahun 2024, Ini Pesan Staf Ahli Wali Kota Probolinggo

2023

KANIGARAN – BKPSDM Kota Probolinggo menyelenggarakan Sosialisasi Pra Verifikasi Kenaikan Pangkat Tahun 2024 bagi PNS di lingkungan Pemkot Probolinggo, Selasa (17/10). Bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Probolinggo Jalan Soekarno Hatta 265 Kelurahan Tisnonegaran, giat ini dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Probolinggo Bidang Kemasyarakatan dan SDM Surya Darmawati sekira pukul 8 pagi.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Umum Retno Fadjar Winarti, Kepala BKPSDM Fatchur Rozi, Narasumber dari kantor Regional II BKN Surabaya Luluk Budiati dan 65 orang peserta sosialisasi yang merupakan pejabat pengelola kepegawaian masing-masing perangkat daerah.

Staf Ahli Surya dalam sambutannya menyampaikan bahwa kenaikan pangkat merupakan salah satu mekanisme manajemen kepegawaian PNS yang dapat disebut sebagai sebuah penghargaan dari pemerintah atas prestasi kerja. Penghargaan itu juga termasuk dalam pengabdian dalam pelaksanaan tugas dan fungsi serta wewenang dan tanggung jawab yang telah ditunaikannya dengan baik.

“Jadi kenaikan pangkat itu bukan hak yang harus didapat setiap PNS, melainkan penghargaan yang diperoleh dengan menunjukkan prestasi kerja dan pengabdian yang baik,” katanya.

Ia menekankan sedikitnya ada 5 poin penting yang harus diingat setiap PNS di lingkungan Pemkot Probolinggo. Pertama, menjaga komitmen dan motivasi kerja. Yaitu melaksanakan amanah yang dibebankan dengan penuh tanggung jawab serta meningkatkan prestasi kerja dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta wewenang dan tanggung jawab sebagai wujud pengabdian pada negara.

Kedua, menjadi seorang birokrat yang bermoral dan beretika serta memperhatikan dan mematuhi segala ketentuan disiplin dan kode etik jabatan. Sehingga dapat menjadi tauladan, di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat.

Ketiga, meningkatkan profesionalisme kerja dengan senantiasa belajar dan mengembangkan kompetensi yang dimiliki dalam rangka memberikan pelayanan prima pada masyarakat secara berkelanjutan.

Empat, mengembangkan budaya saling mengingatkan dan kolaborasi antar ASN. Sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan secara optimal.

Terakhir, mampu menyesuaikan diri terhadap segala perubahan dan perkembangan zaman serta tantangan global yang semakin hari semakin kompleks.

“Beberapa pesan di atas perlu saya tekankan, dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan urusan pemerintahan dan layanan publik pada masyarakat. Serta mendukung perwujudan visi dan misi Pemkot Probolinggo. Di mana sangat dibutuhkan ASN yang profesional, bermoral, bersih, beretika dan menjadi pengayom bagi masyarakat. Terlebih lagi perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan ASN saat ini cukup besar,” katanya.

Ia juga menegaskan ASN untuk memberikan karya terbaiknya untuk Pemkot Probolinggo. “Jangan jadikan faktor usia sebagai alasan untuk malas berkarya, sebab berkarya tidak dapat dibatasi oleh waktu. Namun lebih bergantung pada adanya kemauan dalam diri. Saya yakin dengan bekerja sama, kita mampu melaksanakan. Bersama kita bisa, mewujudkan Kota Probolinggo hebat dan handal,” tegasnya.

Sosialisasi Pra Verifikasi Kenaikan Pangkat Tahun 2024 bagi PNS di lingkungan Pemkot Probolinggo, bertujuan untuk optimalisasi proses dan pengembangan pola karir PNS. Sekaligus sebagai forum diskusi yang membahas berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan terkait proses pembinaan dan pengembangan pola karir PNS dimaksud.

“Secara khusus, (giat ini dimaksudkan) sebagai sarana penyampaian hasil evaluasi dan verifikasi kenaikan pangkat PNS yang menjadi kewenangan kerja kantor Regional II BKN dan sarana pembahasan proses verifikasi kenaikan pangkat di tahun 2024 bagi PNS di lingkungan Pemkot Probolinggo. Yang mana output pelaksanaan ini terwujudnya persamaan persepsi dan pemahaman dari pengelola kepegawaian perangkat daerah mengenai proses dan pengembangan pola karir PNS. Serta terminimalisir permasalahan dan temuan yang terjadi dalam proses kenaikan pangkat tadi,” terang Kepala BKPSDM Fatchur Rozi. (es/qie)

BAGIKAN