Di Curahgrinting Habib Hadi Berpesan, Jangan Sampai Tarian dan Budaya Khas Hanya Ditonton

2023

KANIGARAN-Sabtu (29/7) pagi, masyarakat berbondong-bondong mendatangi kantor Kelurahan Curahgrinting. Mereka hendak menyaksikan Festival Seni Budaya dan Talkshow yang digelar di halaman kantor yang beralamat di Jalan Citarum No. 1, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. 

Giat itu sendiri menghadirkan penampilan epik kesenian dan budaya lokal, seperti Tabuh Lesung Roro Jonggrang yang dibawakan oleh 7 orang lansia, musik Kalimosodo, kereta kencana, Gambus Ibnu Sarkawi hingga tampilan kesenian Jaran Bodag. Tampilan-tampilan ini membuat masyarakat betah dan bertahan di sekitar panggung. 

Tak terkecuali Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, yang turut serta hadir pada giat yang dimulai sekira pukul 7 pagi itu.

“Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya untuk masyarakat Kelurahan Curah Grinting, yang telah mengadakan giat ini. Saya berharap masyarakat dapat terus menciptakan kebanggaan serta solidaritas antar sesama melalui kesenian lokal yang ada. Kesenian semacam ini harus terus ditampilkan dalam event-event di Kota Probolinggo,” katanya.

Habib Hadi menilai, giat ini sangat bagus dan harus dilestarikan. Apalagi turut pula didukung dengan kolaborasi para pelaku seni lokal di dalamnya. Termasuk peran serta para pemuda yang tak segan ambil bagian, di tengah gempuran era teknologi dewasa ini.

“Karena eranya teknologi, jangan sampai tarian dan budaya khas itu hanya bisa ditonton tanpa ada yang meneruskan,” tuturnya mengingatkan.
Tak hanya sekedar menyuguhkan tampilan seni, di momen akhir pekan kali ini, juga ada program Talkshow. Mengambil tema “Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Mensukseskan Program Pemerintah Kota Probolinggo Serta Menjaga Keamanan Kondusifitas pada Ajang Pemilu Tahun 2024 Sebagai Wujud Cinta Tanah Air, acara ini menghadirkan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol, Abdi Firdausi sebagai narasumber .

“Saya harap masyarakat turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan Pemilu di wilayah (Kelurahan Curah Grinting) ini,” harapnya..

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan bingkisan dan pesan dari  perwakilan putra putri daerah untuk Ketua TP PKK Aminah Hadi, yang baru saja merayakan hari bertambahnya usia, kemarin (27/7).

Selain itu, ditampilkan pula seni pencak silat Ibnu Alwani, tampilan produk khas UMKM setempat dan giat Posbindu yang memberikan pelayanan pemeriksaan gula darah, tekanan darah, lingkar perut, tinggi badan, dan konsultasi dokter gratis. Serta door prize bagi 6 orang warga yang beruntung.

Sementara itu, Ketua Pokjamas Karya Mandiri Kelurahan Curahgrinting, Syamsudin, menyampaikan Festival Seni Budaya dan Talkshow Kelurahan Curah Grinting, dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan menghargai seni dan budaya yang diwariskan leluhur secara turun temurun. Selain itu, sebagai ajang promosi untuk menggiatkan kembali kegiatan seni, budaya, dan pariwisata di Kota Probolinggo.

“Serta memberikan wawasan kepada masyarakat luas tentang pelaksanaan Pemilu,” ujar Syamsudin. 

Festival Seni Budaya dan Talkshow Kelurahan Curah Grinting, turut dihadiri Camat Kanigaran Agus Riyanto, Ketua TP PKK Kecamatan Kanigaran Lucy Ariesta Agus Riyanto, Lurah Curah Grinting Gilang Ramadhan Liyadi beserta istri, Pelaku seni, Ketua RT/RW dan LPM setempat. (es/qie) 

BAGIKAN