Duta Museum Pertama Terpilih, Janji Lestarikan Budaya

2023

KANIGARAN - At-Thoriq Xavier Devan Pratama dan Sesilia Annabel Christy Laksmi Widodo, dinobatkan menjadi Duta Museum Kota Probolinggo Tahun 2023. Mereka terpilih setelah menyingkirkan 18 finalis lainnya. Grand final acara tersebut diadakan di halaman Museum Kota Probolinggo yang terletak di Jalan Suroyo.

Sebelum terpilih, 20 finalis yang terbagi menjadi 10 putra dan 10 putri, kemudian masing-masing kategori dieliminasi menjadi 5 besar. Finalis selanjutnya mempresentasikan advokasi jika mereka terpilih menjadi Duta Museum Kota Probolinggo. Dari advokasi yang dijelaskan, terjaring 3 besar.

At Thoriq Xavier Devan yang akrab disapa Devan menyampaikan akan mengajak masyarakat untuk mengunjungi museum dengan memberikan pembelajaran yang menarik, edukatif, dan inovatif melalui berbagai media. “Dengan begitu masyarakat akan sadar bahwa sejarah memiliki cerita yang tak kalah penting, karena Indonesia memiliki sejarah terhebat di seluruh dunia,” jelasnya.

Pun pertanyaan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat Siti Romlah terkait peran museum terhadap perkembangan pendidikan dapat dijawab dengan baik. Devan mengatakan bahwa museum merupakan media di mana masyarakat dapat mempelajari tentang sejarah, dan dapat mengambil nilai moral dan nilai etika. “Oleh karena itu, museum merupakan tempat untuk mengeksplorasi,” jawab mantan Paskibaraka Kota Tahun 2022 ini.

Sedangkan Cecillia yang merupakan siswi SMA Negeri 1 Kota Probolinggo juga menjawab lantang perihal langkahnya yang akan melestarikan warisan budaya melalui museum. Menurutnya juga, museum berperan untuk penentu arah untuk pelestarian kultur. Sehingga, warga tidak kehilangan akarnya sebagai warga Kota Probolinggo dan sebagai Warga Negara Indonesia.

Sri Utari Ratnaningrum, salah satu dewan juri dari Disdikbud menanyakan kepada Cecilia pengertian cagar budaya menurut UU RI No 11 Tahun 2010. Cecilia menjawab dengan sangat lancar. Sebagai Duta Museum Tahun 2023, mereka berhak mendapat hadiah yaitu special gift dari Keeza, Piala, dan Uang Tunai sebesar Rp 1,5 juta.

Pemenang kedua diraih oleh Adelia Aviva Putri Effendi dan Muhammad Zainal Alim. Mereka pun mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta. Sedangkan di posisi ketiga disematkan pada Wahyuda Rizkil Muhtajib dan Hafifa Nur Fadila dengan uang tunai sebesar Rp 500 ribu.

Selain 3 besar, juara lainnya ialah Best Persahabatan yang diraih oleh Daffa Zaneta Widyadhari dan Galih Aji Pangestu. Selain itu juga ada Duta Museum Favorit yang diraih Muhaimin Dzulkarnain Amin dan Merisa Anggita Putri.

Beberapa tampilan seperti fahion show kids dari Adhie Model, tari batik dari Ayon Confidance, dan fashion show dari Fariez Entertainment, Tianita  Desainer Banyuwangi, dan M3 x Hefi Rosyid serta Andy Sugix semakin membuat gelaran pemilihan Duta Museum semakin mewah dan meriah. (sit/qie)

BAGIKAN