Fadil Imran Apresiasi Totalitas Habib Hadi Amankan Kota Probolinggo

2023

KANIGARAN – “Luar Biasa! Kalau semua seperti Habib Hadi, insyaAllah semua kota di Indonesia, aman. Saya Bahagia. Saat saya kecil, saya mendapat hadiah dari ayah dan ibu. Rasa bahagianya saya, seakan terulang kembali di Kota Probolinggo ini,” ungkap Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen pol Dr Mohammad Fadil Imran di hadapan Wali Kota Probolinggo.

Kesan itu disampaikan Fadil Imran dalam acara penyerahan simbolis puluhan kendaraan bermotor, Hibah Pemkot Probolinggo Kepada Polres Probolinggo Kota, di halaman kantor Wali Kota Jalan Panglima Sudirman Nomor 19 Kelurahan Tisnonegaran, Kamis (14/12). “Melihat apa yang sudah dikerjakan Wali Kota dan jajarannya. Ada motor untuk patroli, motor untuk polisi RW, tahun depan masih ditambah dengan uang bensinnya sekalian. Ternyata jalannya masuk surga sudah disiapkan sama Habib!,” ucap Fadil Imran, semringah.

Ya. Sebanyak 70 unit kendaraan roda dua telah diserahkan usai Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) di penghujung tahun 2023 ini. Dan menyusul 130 unit lainnya, pada tahun 2024 mendatang, dan dana operasional BBM tiap bulannya senilai seratus ribu rupiah.

Atas hibah itu, Fadil pun mengucapkan terimakasihnya atas sumbangan yang diberikan Pemkot Probolinggo. Menurutnya, sumbangan paket lengkap seperti yang diberikan Wali Kota Habib Hadi jarang sekali terjadi di Indonesia. "Atas nama bapak Kapolri, saya ingin mengucapkan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya pada Wali Kota Probolinggo atas hibah dan beberapa pembangunan sarana prasarananya. Saya kira, sumbangan yang begitu lengkap ini jarang terjadi," terangnya.

Mantan Kapolda Jatim itu juga menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh masyarakat Kota Probolinggo, atas guyub rukun yang sudah dilakukan bersama Pak RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, sehingga situasi dan kondisi Kota Probolinggo bisa berjalan dengan damai dan kondusif sampai saat ini.

Di hadapan awak media, Fadil menyampaikan bahwa Pemkot di bawah kepemimpinan Walikota Habib Hadi beserta seluruh forkopimda sampai jajarannya ke bawah, bisa menjadi role model dalam mengelola kamtibmas dan persoalan lainnya.

Termasuk program meteor yang sempat disinggung pun, diharapkan bisa ada sampai tingkat kelurahan. Sehingga segala permasalahan yang ada bisa langsung disikapi di basis komunitas.

Sementara itu terkait pelaksanaan pesta demokrasi di awal tahun mendatang, Fadil menghimbau Polisi RW agar rajin melakukan kegiatan sambang atau tatap muka dengan masyarakat. "Setiap ada masalah, ya harus diselesaikan. Contohnya, ketika KPPS ditanya sudah siap apa belum TPS-nya, jangan sampai pas hari H, ternyata hujan, banjir. Nah hal-hal seperti itu tentu harus datang dan melihat apa persoalannya. Kedua, kalau mau aman, harus mengidentifikasi persoalan dan diselesaikan," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, yang dilakukannya semata-mata untuk warga Kota Probolinggo. “(Ini semua) Hanya semata-mata untuk melayani warga. Karena tanpa ada kolaborasi dengan jajaran kepolisian, jangan bermimpi pemerintah bisa melakukan itu semua,” tukasnya.

Dengan hibah itu sendiri diharapkan dapat mendukung aparat kepolisian RI dalam hal ini Polisi RW, untuk menghadirkan rasa aman bagi masyarakat Kota Probolinggo sekaligus menjaga situasi dan kondisi di Kota Probolinggo tetap kondusif. “Tentunya kesempatan ini menjadi kebanggaan Kota Probolinggo, atas sinergitas yang sudah dibangun, terkait aspek manfaat dan kehadiran dari pemerintah dan kepolisian pada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Habib Hadi juga menyinggung terkait pembangunan gedung Polsubsektor Kanigaran dan Polsubsektor Kedopok beserta sarana dan prasarananya. “Semoga tahun depan personelnya dipenuhi, karena saat ini masih belum ada personelnya,” ungkapnya.

Dan terbaru, di tahun 2024 mendatang, Habib Hadi mengungkapkan akan ada pembangunan Polsubsektor Mayangan dan Koramil Mayangan. “Untuk Polsek di wilayah Mayangan, saya berharap dibentuk Polairud, karena saat ini (Polair) masih bergabung antara Kota dan Kabupaten Probolinggo. Demi kebersamaan dan kebaikan kita semuanya, pemerintah pasti support,” tegasnya.

Penyerahan Kendaraan Bermotor Hibah Pemkot Probolinggo Kepada Polres Probolinggo Kota, juga dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan Vicvapa Brahmagola oleh Kabaharkam Polri pada Wali Kota Habib Hadi. Penghargaan ini memiliki arti melindungi terhadap seluruh alam semesta (pengejawantahan dari tugas baharkam Polri).

Selain itu, juga ada gelar wicara, Dialog interaktif Kabaharkam Polri sekaligus tanya jawab dengan Polisi RW, stand up comedy, tarian selamat datang yang disuguhkan pelajar putri dari sanggar Mardi Budoyo dan santunan yang diberikan pada 20 anak yatim. (es/rr)

BAGIKAN