Gaungkan Potensi Seni Musik Patrol Melalui Festival

2023

Mayangan - Gasebu Jati Kampung Seni mendadak ramai dengan musik patrol, karena area itu menjadi finish kegiatan festival musik se-Kecamatan Mayangan. Para peserta diberangkatkan dari start di Perumahan Blue Safir kemudian berjalan melewati sepanjang Jalan Sunan Kalijaga, Jumat malam (27/10).

Acara ini dibuka oleh Staf Ahli bidang pembangunan, ekonomi dan keuangan Slamet Suwantoro. Hadir pula Camat Mayangan Agus Dwiwantoro serta para lurah se Kecamatan Mayangan.

“Pemerintah Kota melalui kelurahan memberikan wadah bagi para pegiat seni, apalagi seni tradisonal musik patrol yang dikolaborasikan dengan berbagai alat musik lainnya menjadi musik etnic yang bagus. Saya mengapresiasi Kelurahan Jati yang menggelar acara ini, sehingga bisa ditunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh para seniman se-Kecamatan Mayangan," ujarnya.

Slamet menyaksikan atraksi seluruh peserta di panggung utama. Dimulai tim seni patrol Artero, Joyo Lelono, Sekar Adiwarna, Lowo Ijo, Ar Ridho, Lare Kacong, Srikandi, Wacana, Armed dan Cokro Budoyo. Slamet juga berdecak kagum dengan semangat dan kekompakan para peserta. Bukan hanya kalangan remaja dan dewasa,  anak-anak dan lansia juga bergembira gabung memainkan musik patrol yang didominasi dengan kentongan itu.

"Dengan lomba semacam ini menumbuhkan semangat kebersamaan, kekompakan antar warga. Kreasi masing- masing peserta dalam menciptakan lirik lagu dan pantun menjadi varitaif. Semoga semakin banyak para pegiat seni di kota ini,"imbuhnya.

Sementara itu penyelenggara event ini, Lurah Jati Dedy Ristantama sengaja memilih festival musik patrol karena di Kelurahan Jati banyak sekali para pegiat seni musik tradisional. Agar lebih semarak, maka event ini dibuka juga untuk semua pegiat seni yang ada di Kecamatan Mayangan. "Para UKM dilibatkan untuk meramaikan acara hiburan ini. Dengan begitu juga turut  menggerakkan perekonomian  warga," ujar Dedy.

Para pendukung tim musik patrol juga begitu antusias memberikan semangat dan yel- yel kala tampil. Ketiga dewan juri, Ojan, Amin dan Imam pun berunding untuk menentukan pemenang. Mereka juga memberikan masukan serta evaluasi agar ke depan bisa lebih bagus saat mengikuti lomba serupa. Juara 1 diraih oleh tim musik patrol Wacana yang memperoleh uang tunai senilai Rp 5 juta, juara 2 diraih oleh Cokro Budoyo dengan hadiah uang tunai Rp 3 juta, juara 3 diraih oleh Armet  dengan hadiah uang tunai Rp 2 juta dan juara 4 oleh Sekar Adiwarna dengan hadiah uang tunai Rp. 1 juta. (yul/qie)

BAGIKAN