Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2024

2023

KANIGARAN - Sesuai dengan tahapan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Probolinggo tahun 2024, Senin (6/2).

Dalam laporannya Kepala Bappeda Litbang Tartib Goenawan mengatakan forum konsultasi publik ini dilaksanakan untuk menghimpun saran dan masukan sekaligus menyampaikan prioritas pembangunan kepala daerah tahun 2024 kepada seluruh pemangku kepentingan.

“Bisa menyampaikan saran masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD dan bahwa dalam forum konsultasi publik ini Bupati/Wali Kota/Kepala Daerah menyampaikan tema prioritas RKPD,” terang Tartib.

Diketahui tema pembangunan Kota Probolinggo di Tahun 2024 adalah “Pemantapan Pembangunan Ekonomi Inklusif yang Mendukung Stabilitas Daerah” dengan 7 prioritas rencana kerja. Yaitu, penguatan kemandirian masyarakat sebagai upaya pemerataan dan perluasan ekonomi; penguatan pengembangan wilayah melalui pengendalian pemanfaatan ruang dan pertanahan guna memperkuat daya saing serta investasi yang kondusif; pemantapan kualitas sumber daya manusia yang mendukung pembangunan ekonomi inklusif; optimalisasi penurunan angka kemiskinan dan penanganan kemiskinan ekstrem serta pelestarian kebudayaan yang mendukung pembangunan inklusif.

Prioritas lainnya yakni peningkatan akses dan pemantapan kualitas infrastruktur guna optimalisasi pelayanan kota; pemantapan pembangunan berwawasan lingkungan yang didukung adaptasi perubahan iklim dan ketahanan bencana untuk kota yang tangguh dan berkelanjutan; pemantapan stabilitas daerah berbasis ketentraman, ketertiban umum serta tata kelola pemerintahan yang berorientasi kepuasan masyarakat.

Untuk itu, Habib Hadi meminta kepada seluruh kepala perangkat daerah agar mendukung tema pembangunan Kota Probolinggo tahun 2024. “Terkait hal itu saya minta agar seluruh perangkat daerah mampu menerjemahkan program prioritas saya yang ada di RPJMD Tahun 2019-2024, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah kedalam renja perangkat daerah untuk mendukung tema pembangunan,” pesan Wali Kota Habib Hadi.

Guna mendukung tema dan prioritas pembangunan tersebut, Habib Hadi juga menyampaikan 12 program unggulan yang perlu untuk direalisasikan di tahun depan. “Saya mengharapkan agar semua perangkat daerah memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan dalam RPJMD, harus ada ukuran keberhasilan yang jelas dari pelaksanaan kegiatan dan anggaran perangkat daerah,” harap wali kota.

Hadir pada agenda yang digelar di Puri Manggala Bhakti itu Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Wawan Soegyantono, Forum CSR, Pimpinan Bank Jatim Cabang Probolinggo Wiwik Hariati serta Kepala BPS Kota Probolinggo Heri Sulistio. Juga diikuti seluruh kepala perangkat daerah, pejabat pengelola program serta perwakilan lembaga pemberdayaan masyarakat terkait. (dp/fa)

BAGIKAN