Habib Hadi Terima Satya Lencana Wira Karya Bidang UMKM dari Presiden Jokowi

2023

SURAKARTA - Atas kiprahnya dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin dianugerahi penghargaan Satya Lencana Wira Karya oleh Presiden RI, Joko Widodo. Tanda jasa tersebut disematkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam puncak peringatan Hari UMKM 2023 yang diselenggarakan Pamedan Puro Mangkunegaran, Solo, Sabtu (12/8) malam.

Menkop UKM menyebut, jasa dari penerima Satya Lencana Wira Karya sangatlah besar dalam mengembangkan keberlangsungan UMKM di bidangnya masing-masing. “Kepada mereka yang nama jabatan dan profesinya tersebut dalam lampiran keputusan, ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam memberikan dharma baktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain,” ucapnya dalam puncak peringatan Hari UMKM Nasional 2023.

Menkop UKM Teten Masduki melanjutkan, rangkaian peringatan Hari UMKM Nasional 2023, sudah dimulai sejak 18 Juli 2023 di Surakarta. Di antaranya melalui program business matching hasil kolaborasi dengan Pemerintah Kota Surakarta dan Bank Indonesia (BI). “Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti workshop, pelatihan, FGD, sosialisasi, dan coaching clinic untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas UMKM di Surakarta serta beberapa daerah lainnya di Indonesia,” kata Menteri Teten.

Dalam kegiatan ini, diluncurkan juga beberapa program di antaranya Gerakan Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) untuk Indonesia. Gerakan ini akan memberikan kemudahan bagi UMKM dalam mengakses perizinan tunggal, pendampingan sampai pelosok negeri. Aplikasi Transfumi juga diharapkan dapat menjadikan pelaku usaha mikro terdata, terlindungi, dan mudah mengakses berbagai program strategis dari pemerintah.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, dirinya merasa terhormat atas pemberian penghargaan ini. “Alhamdulillah, saya sangat terhormat atas dianugerahkannya penghargaan Satya Lencana Wira Karya dalam bidang UMKM ini. Penghargaan ini adalah bukti kebersamaan semua pihak dalam mendukung UMKM agar dapat terus maju dan membawa manfaat yang besar bagi pelakunya,” ujarnya.

Habib Hadi pun tetap berkomitmen untuk terus memajukan UMKM Kota Probolinggo melalui beragam program yang sesuai dan tepat sasaran. “Terima kasih kepada semua yang telah mendukung hingga diperolehnya penghargaan ini. Satya Lencana Wirakarya ini saya dedikasikan kepada semua yang telah berperan memajukan UMKM Kota Probolinggo. Dan tentu juga warga Kota Probolinggo yang hebat dan handal yang telah membuat produk lokal menjadi sebuah kebanggan, pungkasnya. (yul/qie) 

BAGIKAN