Hadiri Groundbreaking, Kapolda Jatim Apresiasi Wali Kota Habib Hadi

2023

MAYANGAN—Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto mengapresiasi Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang memberikan support penuh untuk pembangunan Gedung Meteor. Yaitu gedung yang akan menjadi pusat sistem keamanan terpadu di Kota Probolinggo.

Karena itu, pada Kamis (24/8) pagi Irjen Pol Toni Harmanto berkunjung ke Kota Probolinggo. Tepatnya di lokasi proyek, halaman depan Mako Satpol PP kota setempat untuk melaksanakan peletakan batu pertama atau groundbreaking. Selain itu Toni Harmanto yang disambut Wali Kota Probolinggo dan jajaran forkopimda itu juga melakukan penandatanganan prasasti pembangunan Markas Polisi Subsektor Kedopok.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya menyebut, beberapa waktu yang lalu telah di-launching sistem keamanan terpadu Kota Probolinggo yang dijuluki Meteor. Program tersebut merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah dalam melayani masyarakat melalui sistem yang terintegrasi berbasis teknologi.

“Di tempat ini akan dibangun gedung Meteor yang terintegrasi (dengan) call center 112 yang melayani semua aspek keamanan, kegawatdaruratan dan lain-lainnya, sebagai bentuk komitmen pemerintah. Saya berterima kasih atas semangat dan inovasi Polres Probolinggo Kota dan saya mendukung sepenuhnya terwujudnya sebuah impian yang bisa membawa dampak manfaat di Kota Probolinggo khususnya,” terangnya.

Wali Kota Probolinggo juga menyinggung perihal dibentuknya Polisi RW. Menurut Habib Hadi, keberadaan polisi RW semakin menambah sempurna kebijakan yang ditujukan untuk menjaga rasa aman masyarakat. Karenanya, Pemkot Probolinggo memfasilitasi dalam hal mempermudah pelayanan dan respon cepat Polisi RW dengan memberikan support kendaraan roda dua.

“Pemerintah mendukung penuh ide yang berdampak manfaat bagi masyarakat. Dalam momentum ini sangat erat kaitannya dengan gedung meteor. Apalagi Polisi RW sudah difasilitasi roda dua sehingga ketika ada kegawatdaruratan bisa berjalan cepat dan lancar,” urainya.

Habib Hadi mengungkap bahwa selama ini jalinan kerjasama antar forkopimda berjalan sangat baik. “Mudah-mudahan yang kita rencanakan dan lahirkan ini betul-betul bermanfaat bagi masyarakat Kota Probolinggo di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Toni Harmanto menyebut, jarang ada pemimpin yang berkomitmen tinggi pada upaya menjaga keamanan seperti Wali Kota Probolinggo. Menurutnya, hanya beberapa wilayah tertentu di Provinsi Jatim yang memiliki ide dan semangat seperti yang dimiliki Wali Kota Probolinggo. “Menjadi pemimpin seperti beliau sangat tidak mudah. Ini menjadi bukti adanya kolaborasi bersama dan kepedulian sebagai pemimpin daerah terhadap masalah keamanan,” ujarnya.

Keamanan, Menurut Irjen Pol Toni, menjadi penunjang utama terselenggaranya kegiatan di masyarakat. Sehingga, ketika masyarakat merasa terjamin keamanannya, akan berdampak pada kegiatan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Ini bagian sistem yang juga menjadi program saya untuk  menjadikan Kota Probolinggo dan kota-kota lainnya di Provinsi Jatim sebagai bagian dari smart city. Tidak hanya sistem tetapi disiapkan juga gedung dan sarana prasarananya yang akan memudahkan dalam pelayanan tersebut,” bebernya.

Irjen Pol Toni Harmanto tidak memungkiri dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki Polri khususnya di lingkup Polres tidak bisa membangun gedung sendiri. “Kegiatan ini menjadi jawaban atas kemitraan tadi. Dan tentunya ini juga menjadi satu langkah besar bagi kesatuan polres lainnya untuk bisa bermitra dan berkolaborasi dengan para pimpinan daerah yang lainnya untuk bisa memperoleh dukungan yang seperti ini. Selamat dengan adanya groundbreaking pembangunan gedung Polsek Kedopok dan gedung sistem keamanan terpadu Meteor,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri jajaran PJU Polda Jatim, Sekda Kota drg. Ninik Ira Wibawati, pejabat dan kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, dan Wakil Ketua MUI Kota Probolinggo.

Sementara itu, setelah groundbreaking di halaman Mako Satpol PP, rombongan forkopimda juga meninjau lokasi pembangunan Markas Polisi Subsektor Kedopok.  Bakal markas itu terletak di Jl Serayu, Kelurahan Jrebeng Kulon Kecamatan Kedopok. Berjarak sekira 500 meter dari kantor kelurahan setempat.

Di lokasi pembangunan, Aiptu Eko Juliyanto, PS Kapolsubsektor Kedopok mengucapkan terimakasihnya pada Wali Kota Probolinggo yang membantu pembangunan. “Terimakasih kepada Bapak Wali Kota,” ujarnya. (mir/qie)

BAGIKAN