Hadiri Paripurna DPRD, Habib Hadi Ajak Semua Pihak Pertahankan Komitmen Memajukan Kota Probolinggo

2023

MAYANGAN—Di usia 664 tahun ini Kota Probolinggo semakin menunjukkan jati dirinya sebagai kota yang aman, kondusif, maju dan sejahtera di tengah-tengah kemajemukan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam rapat paripurna DPRD dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-664 Kota Probolinggo tahun 2023, di ruang sidang utama Selasa (5/9).

“Semangat persatuan adalah rasa kebersamaan yang muncul dari setiap individu di Kota Probolinggo ini, yang secara sadar memiliki keinginan kuat untuk bersama-sama meraih sesuatu. Yaitu terwujudnya Kota Probolinggo yang maju, aman, kuat dan sejahtera. Ada kata kunci yang selama beberapa hari ini terus saya gaungkan di setiap kesempatan di event HadiPro, yaitu kebersamaan,” tuturnya.

Sebab menurutnya, dengan kebersamaan itulah segala tantangan dapat dihadapi.

Habib Hadi juga menyampaikan tayangan refleksi pembangunan Kota Probolinggo dari masa ke masa. Tak lupa diputar pula lagu yang berjudul “HadiPro” yang menunjukkan semangat kebersamaan untuk saling bergandengan tangan dan menguatkan dalam membangun kota tercinta ini. Momentum ini mempersatukan semua elemen tanpa melihat warna, golongan dan perbedaan-perbedaan yang ada. Semuanya memiliki peran untuk menjadi bagian dalam membangun Kota Probolinggo dan bukan menjadi bagian untuk memecah belah masa depan Kota Probolinggo.

“Lagu tadi semakin menggelorakan semangat untuk melangkah bersama. Kita yang berada disini baik eksekutif dan legislatif mengemban amanah sumpah janji jabatan hanya untuk Kota Probolinggo yang harus kita utamakan diatas segala-galanya. Daripada kepentingan golongan tertentu yang tidak ada manfaatnya bagi Kota Probolinggo,” terangnya.

Mantan anggota DPR RI ini juga menyebut memori keberhasilan yang telah diraih Kota Probolinggo, khususnya di tahun 2022 yang lalu dimana Kota Probolinggo berhasil dinobatkan sebagai global winner dalam ajang kompetisi We Love Cities 2022 yang diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Kota Probolinggo berhasil mengalahkan 67 kota dari 27 negara di dunia.

“Keberhasilan ini karena kita cinta Kota Probolinggo. Mari kita pertahankan komitmen kita bersama, tanpa melihat ke belakang dan fokus pada tujuan untuk Kota Probolinggo. Mudah-mudahan di dalam Hari Jadi Kota Probolinggo ke-664 ini menjadi titik awal untuk melangkah ke depan, tentunya evaluasi yang lalu untuk disempurnakan di tahun mendatang,” bebernya.

Dengan tetap menjaga komitmen, lanjutnya, akan menjadi kewajiban bagi semua pihak untuk menyempurnakan segala kekurangan. Bukan sebagai bahan untuk sekedar menilai saja tanpa bisa mengoreksi diri sendiri di dalam menghadapi tantangan ke depan. “Selamat Hari Jadi Kota Probolinggo ke-664. Kami atas nama pemerintah, eksekutif dan legislatif sudah mempersembahkan suatu hal yang terbaik untuk masyarakat Kota Probolinggo. Mudah-mudahan ke depan bisa melangkah bersama untuk mewujudkan kemaslahatan dan kemakmuran warga Kota Probolinggo yang kita cintai,” harapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib mengatakan peringatan Hari Jadi ke-664 Kota Probolinggo merupakan momentum berharga dan menjadi tanggung jawab moral sebagai generasi penerus bangsa. Karena sejarah juga merupakan tonggak bagi generasi yang akan datang dalam mengapresiasi jerih payah para pemimpin, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda sebagai pelaku sejarah perjuangan bangsa khususnya sejarah Kota Probolinggo.

“Sehingga terwujud masyarakat Kota Probolinggo yang adil, makmur dan bermartabat yang selaras dengan tema Hari Jadi ke-664 Kota Probolinggo. Yaitu Dengan Semangat Persatuan Mewujudkan Kota Probolinggo Maju, Aman, Kuat, Sejahtera dan Handal,” ujarnya.

Adanya kemajemukan masyarakat di Kota Probolinggo, nampak terlihat dari nuansa yang berbeda dalam gelaran rapat paripurna kali ini. Tidak hanya dari pakaian adat dan etnis yang digunakan oleh para undangan yang hadir, pantun yang dilontarkan Habib Hadi juga menjadi penutup yang apik dalam rapat paripurna ini.

Tuku panganan nyang Kulon Progo, ojok lali dibagi mbek tonggo, sak iki ulang tahun kutho Probolinggo, ayo podo ruku saling jogo. Mlaku mlaku nyang pasar Mayangan, ojok lali tuku ketan. Eksekutif-legislatif ayo gandengan demi kemajuan Probolinggo masa depan,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini, unsur forkopimda, Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati, beserta para asisten dan staf ahli, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot, Camat dan lurah di wilayah Kota Probolinggo. (mir/qie)

BAGIKAN