Hening Sejenak, Forkopimda Peringati Detik-Detik Proklamasi di Pertigaan Ketapang

2023

KADEMANGAN – Usai pemberian remisi di Lapas kelas II B Probolinggo, pemkot yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, drg. Ninik Ira Wibawati bersama anggota Forkopimda bergeser ke Pos Polisi Ketapang. Mereka melaksanakan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8) pada pukul 10.03 WIB di simpang tiga yang menjadi pintu gerbang Kota Probolinggo itu.

Berjajar pasukan pembawa bendera merah putih dari anggota kepolisian dan TNI berdiri di tengah Simpang Tiga Ketapang. Sementara para pengendara dihentikan sejenak untuk melakukan penghormatan kepada bendera merah putih, yang ditandai dengan bunyi sirine secara serentak. Sementara di lokasi kedua, Command Center juga menjadi tempat yang sama untuk mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Para asissten dan staf ahli, kepala perangkat daerah, camat dan perwakilan forkopimda mengikuti live streaming dari kanal medsos Sekretariat Presiden dari Istana Merdeka Jakarta.

Usai acara tersebut, Forkopimda dan seluruh jajaran pejabat di Lingkungan Pemkot Probolinggo langsung menuju ke gedung Puri Manggala Bhakti untuk mengikuti tasyakuran. Sekda Ninik menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Abdul Mujib, disusul perwakilan veteran dan anggota paskibraka. Usai pemotongan tumpeng di acara tasyakuran, Sekda Ninik Ira Wibawati dan anggota forkopimda berbincang santai di Puri Manggala Bhakti. Acara tersebut juga dihadiri oleh veteran dan anggota paskibraka.

Saat disinggung perihal makna HUT ke-78 Kemerdekaan RI Sekda Ninik menyampaikan pesan dan mengungkapkan rasa terima kasihnya pada masyarakat Kota Probolinggo. “Terima kasih kepada seluruh warga Kota Probolinggo yang selama ini telah berpartisipasi menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Dengan rangkaian acara mulai tingkat RT. Pemkot bersama forkopimda berkolaborasi dalam berbagai kegiatan, khususnya dalam upaya mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang positif. Sejalan dengan visi- misi wali kota, membangun Kota Probolinggo bersama rakyat agar menjadi hebat dan handal. Dengan begitu selaras dengan tema kemerdekaan tahun 2023 ini,  terus melaju menuju Indonesia Maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani menyatakan rasa syukurnya atas kerukunan masyarakat di Kota Mangga ini. “Alhamdulillah Kota Probolinggo masyarakatnya dewasa, sehingga kondisi wilayah menjadi aman, damai dan kondusif. Contohnya, saat forkopimda datang di acara tasyakuran RT 10 RW 12 Kecamatan Kanigaran. Mereka melakukan kegiatan tersebut dengan guyub sehingga terlihat kekompakan warga. Dan itulah yang menjadi harapan bersama,” jelasnya. (yul/qie

BAGIKAN