Ini Hasil Evaluasi dan Penerima Penghargaan Aku Hatinya PKK

2023

KANIGARAN - Puncak program Aku Hatinya PKK di tahun 2023 dipusatkan di Taman Maramis, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin datang pada Rabu (6/12) pagi sekira pukul 08.20 WIB dan langsung meninjau setiap STAN yang ada.

Kedatangan Aminah Hadi disambut kepala perangkat daerah pengampu, Camat se-Kota Probolinggo dan Ketua TP PKK kecamatan, Ketua Pokja III Tri Kartin Sudi Pramudya, Sekretaris PKK Reni Abbas dan Ketua Bidang 3 Oktavia Kusumaningsih. Dalam kunjungan itu Aminah melihat 29 stand kelurahan yang menyuguhkan berbagai tanaman organik. Tanaman organik itu merupakan hasil menanam di masing-masing kelurahan Aku Hatinya PKK (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman PKK).

Sebut saja ada cabai besar, cabai kecil, pakcoy, sawi, terong, tomat, bayam Brazil, seledri, kemangi, kacang panjang, bawang preh, selada, kangkung, juga ada aneka rempah-rempahan bangsa kunyit, jahe, laos, kencur dan kunci. Ada pula peserta stan yang menjual hasil olahan makanan dan minumannya, seperti nasi bakar, nasi krengseng daging sapi, nasi rames, ayam katsu, keripik bayam Brazil, es biji selasih, es lumut tomat, es serut mangga, sinom, jahe merah bubuk dan air, selai tomat, cah kangkung, persambelan, sambal goreng kering tempe dan kentang, salad buah, hingga sate usus kulit.

Selepas meninjau 29 stand kelurahan, Aminah ke stand utama. Sebelum membuka acara, di sana ia langsung melakukan demo masak bahan dari olahan ikan dan sayuran. Kemudian Ketua Pokja III Tri Kartin memberikan sambutannya. Menurutnya, acara ini diselenggarakan sebab Aku Hatinya PKK merupakan salah satu program unggulan dari kelompok kerja Pokja III TP PKK seluruh Indonesia. “Di mana melalui program ini TP PKK serta masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan halaman pekarangan masing-masing walaupun kecil dan minimalis,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, dari tanaman yang didapatkan dari hasil Aku Hatinya PKK ini bisa diolah dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga. “Tujuan Aku Hatinya PKK adalah sebagai sarana aktualisasi kegiatan Aku Hatinya PKK dan untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas kader dalam melakukan replikasi Aku Hatinya PKK,” terangnya lagi.

Senada apa yang disampaikan Katrin, Aminah Hadi menjelaskan jika kesadaran memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, perlu dibangun. “Lingkungan yang terletak di samping kanan kiri tempat tinggal kita dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tidak jarang kita melihat lahan pekarangan tersebut kosong. Dengan semangat kebersamaan, semangat gotong royong mari kita manfaatkan lahan pekarangan dengan menanam berbagai jenis tanaman seperti sayuran berdaun, sayuran berbuah, tanaman buah, tanaman obat keluarga bahkan ternak dan perikanan nantinya bisa dikembangkan sehingga lengkap kebutuhan konsumsi berdasarkan protein hewani, protein nabati, buah dan sayur. Pemanfaatan lahan pekarangan ini dikenal dengan Aku Hatinya PKK,” beber istri orang nomor satu di Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya.

Untuk itu ia sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengajak semuanya untuk dapat tetap aktif, semangat serta kreatif dalam melakukan budidaya tanaman sayuran di lahan pekarangan dan mensukseskan kegiatan Aku Hatinya PKK. Ia berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan dan ditingkatkan. “Jangan pernah berhenti untuk selalu memberi manfaat dan mengedukasi masyarakat. Tantangan ke depan akan semakin berat. PKK harus lebih solid lagi dan selalu mengupdate kemampuannya baik secara organisasi maupun manajerial. Merumuskan dan merancang kegiatan yang tepat sasaran dan dibutuhkan oleh warga Kota Probolinggo,” tutupnya.

Dalam giat itu diserahkan secara simbolis 30 ribu bibit bantuan sosial Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malang untuk kepala sekolah calon Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Timur sebanyak 26 sekolah se-kota. Yang diterimakan kepada perwakilan dari SDN Jrebeng Kidul, Kelurahan Pilang dan Dinas Lingkungan Hidup.

Untuk evaluasi dan penyerahan penghargaan pelaksana terbaik Aku Hatinya PKK dimenangkan harapan 1 TP PKK Kelurahan Jrebeng Kulon, harapan 2 TP PKK Kelurahan Sukoharjo, harapan 3 TP PKK Kelurahan Sukabumi, juara 3 TP PKK Kelurahan Curahgrinting, juara 2 TP PKK Kelurahan Pilang dan juara 1 TP PKK Kelurahan Kebonsari Kulon. Mereka berhak mendapatkan masing-masing piala, piagam dan uang pembinaan. (dy/qie)

BAGIKAN