Ini Pesan Aminah Hadi Saat Peringati HUT DWP ke-24

2023

KANIGARAN - Hari Ulang Tahun Dharma Wanita (HUT DWP) ke-24 dimaknai khusus oleh Penasehat DWP Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin. Peringatan itu dilakukan dengan mengundang ibu-ibu pengurus dan anggota DWP Kota Probolinggo yang merupakan para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Probolinggo ke Puri Manggala Bhakti, Rabu (27/12). Dalam acara tersebut, para anggota DWP juga menerima materi dari narasumber, Mira Hesti Ocvia perihal “Masa Pemilu, Bijak Gunakan Jari di Media Sosial”.

Aminah Hadi dalam sambutannya mengatakan organisasi yang beranggotakan istri PNS yang ditetapkan pada 7 Desember 1999 ini sudah mengalami begitu banyak perkembangan di usianya yang menginjak ke-24. “Kita tahu perempuan pada saat ini berperan besar baik sebagai pribadi, istri, ibu serta warga negara yang berkewajiban mendidik generasi penerus. Perempuan Indonesia harus dapat mengambil bagian dalam peningkatan pembangunan suatu bangsa. Pembangunan yang utuh dan menyeluruh dari suatu negara menuntut peranan penuh dari kaum perempuan dalam segala aspek kehidupan,” katanya.

Sebagai Penasehat DWP Kota Probolinggo, ia berharap organisasi yang mandiri ini bisa merumuskan langkah dan aksi perubahan yang nyata. “Langkah dan aksi tersebut dimulai dari hal-hal sederhana, karena hal yang kecil dan sederhana jika dilakukan oleh semua anggota DWP pasti akan melahirkan gerakan perubahan yang luar biasa. Sehingga organisasi ini bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental, sosial dan spiritual,” selorohnya.

Bukan tanpa sebab ia mengatakan demikian, sebab dengan keterbatasan dana yang dimiliki dari iuran anggota, DWP masih terus berupaya memberikan edukasi kepada anggotanya. “Berikan sumbangsih pemikiran maupun tenaga sesuai keahlian dan kemampuannya dalam mengisi pembangunan di Kota Probolinggo. Sebagai seorang istri PNS, maka wajib untuk mendukung suami dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang abdi negara,” pintanya.

Sekecil apapun peran ibu-ibu, lanjutnya, akan bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya adalah kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan santunan anak yatim, khitanan missal, pelatihan keterampilan dan sebagainya. Ia menyebutkan jika bulan Desember ini juga diperingati sebagai Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember. Ia menaruh harapan pada kita yang bergelar sebagai ibu agar kuat melewati setiap ujian dan tantangan dalam kehidupan. “Karena kekuatan ibu inilah menjadi motivasi sekaligus penopang suami dan anak-anak agar menjadi keluarga yang hebat. begitu besarnya peran kita sebagai wanita dari segala lini tanpa melupakan kodratnya. Maka saya mengajak agar semua anggota Dharma Wanita Persatuan bisa berperan aktif mendukung program pemerintah kota dalam mewujudkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat,” serunya.

Di akhir sambutannya, Aminah Hadi juga berpamitan terkait tugasnya sebagai Penasehat DWP Kota Probolinggo juga berakhir dengan tugas sang suami tercinta Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Wali Kota Probolinggo. “Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini. sekaligus saya mohon maaf jika ada tutur kata yang tidak berkenan,” imbuh ibu empat orang anak itu.

Aminah yang hadir mengenakan pakaian muslimah warna abu senada dengan suami yang tutur hadir juga, tentu diapresiasi oleh Habib Hadi pula. Wali Kota ke-21 itu berharap pada DWP bisa memiliki langkah progress yang aktif dan pasti layaknya sebagaimana PKK yang telah tumbuh dan berkembang duluan. “DWP untuk bisa menunjukkan, mewarnai dan memberikan nama baik keluarga besar Pemerintah Kota Probolinggo. Kalau di PKK sudah jalan, bagus luar biasa. Tinggal DWP-nya yang harus saya lihat. Mudah-mudahan ke depan DWP bisa mengambil peran pentingnya untuk bisa melangkah pasti,” terangnya.

Tak hanya itu, ia juga berpesan pada segenap istri PNS itu untuk mengesampingkan ego atas jabatan-jabatan yang disandang suami. “Saya istri camat, saya istri lurah, tidak ada seperti itu. Karena seragamnya saja sudah sama. Kalau ada seperti itu, tidak akan jalan. Ini pesan dari saya,” tegasnya.

Wakil Ketua DWP Dahlia Budi Wirawan yang menggantikan Ketua DWP yang telah purna tugas Sri Rahayu Gogol Sudjarwo mengucapkan terima kasihnya karena giat ini mendapat apresiasi dari wali kota dan istrinya sekaligus Sekda drg. Ninik Ira Wibawati yang turut hadir siang itu. (dy/qie)

BAGIKAN