Jalin Kerjasama, UPN Veteran Jatim Kunjungi RSUD dr. Mohamad Saleh

2023

MAYANGAN - RSUD dr Mohamad Saleh mendapat kunjungan dari sejumlah mahasiswa kedokteran UPN Veteran Surabaya, Selasa (24/10) siang. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut kerjasama yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo dengan UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran pada April 2023 lalu.

Dalam program yang dinamai pengabdian masyarakat itu Fakultas Kedokteran UPN Veteeran membawa sebanyak 48 mahasiswa dan 36 orang dosen. Mereka diterima di ruang pertemuan Edelweis lantai 2.

“Semoga kolaborasi ini bisa terselenggara dengan baik dan bermanfaat bagi FK UPN Veteran Jawa Timur dan RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Sehingga peningkatan pelayanan pendidikan dan pelayanan kesehatan di lingkungan RSUD dr. Mohamad Saleh bisa berjalan beriringan. Saling mendukung untuk pelayanan pada masyarakat,” ujar Direktur RSUD dr. Mohamad Saleh dr. Intan Sudarmadi dalam laporannya.

Dr. Intan melanjutkan, rumah sakit yang mempunyai fungsi tempat pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran dan atau kedokteran gigi, pendidikan berkelanjutan dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi bisa tersaji di RSUD dr. Mohamad Saleh. “Diharapkan dengan awal kerjasama UPN Veteran Jawa Timur dengan RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo nantinya bisa mewujudkan peningkatan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan serta proses pencapaian pembelajaran klinik bagi mahasiswa kedokteran,” ucapnya.

Para mahasiswa calon dokter itu kemudian berkeliling ke poli klinik di dalam area RSUD dr. Mohamad Saleh dipandu dengan seorang dokter perempuan RSUD setempat. Selanjutnya, mereka dibagi ke dalam dua kelas untuk mengikuti zoom meeting dengan bahasan lrbih detail.

Sementara itu, Wali Kota Dr. Habib Hadi Zainal Abidin yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan P2KB dr. NH. Hidayati dalam sambutannya berharap RSUD dr. Mohamad Saleh tidak hanya digunakan sebagai tempat pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan bagi UPN Veteran Jawa Timur saja, melainkan juga rumah sakit lainnya. “Jadi tidak hanya UPN saja kerja sama untuk rumah sakit pendidikan, kerja sama dengan Universitas Wijaya Kusuma (WK) Surabaya pendidikan utama juga sudah terselenggara,” katanya.

Diketuai rombongan kunjungan, Dekan FK UPNV Jatim dr. Rika Yuli Wulandari menyebutkan kerjasama yang dijalani pihaknya merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi. Yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Dalam bentuk edukasi kepada pasien-pasien di poliklinik dan rawat inap mengenai pencegahan penyakit dan perawatan pada diabetes melitus. Juga penanganan komplikasi, hand hygiene, bahaya gadget pada anak, nutrisi pada penderita diabetes dan penanganan serumen pada anak,” jelasnya.

Ia berharap kehadiran FK UPN Jatim dalam kerja sama dengan Pemerintah Probolingggo melalui RSUD dr Mohamad Saleh dapat berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Probolinggo dan meningkatkan semangat pembelajaran kepada mahasiswa dan masyarakat.

Hal itu diamini Aisyah Mahasiswa FK UPNV Jatim mengutarakan kunjungannya dapat bermanfaat untuknya dan teman-teman sejawatnya. “Dari kunjungan ini sangat bermanfaat. Kita jadi tau tentang dunia kesehatan yang lebih dalam di rumah sakit ini yang akan jadi tempat koas kita ke depannya,” tutur gadis asal Sumenep kelahiran 2004 ini.

Kunjungan ini juga dihadiri Kepala BPPKAD Ratri Dian, Pimpinan Bank Jatim Wiwik Haryati, Plt. Direktur RSUD Ar Rozy dr. Abraar HS Kuddah, Ketua Tim Kordik RSUD dr Moh Saleh dr. Utoyo dan segenap dokter spesialis lainnya di lingkungan RSUD dr Mohamad Saleh. (dy/qie)

BAGIKAN