Jelang Akhiri Masa Jabatannya, Habib Hadi Ziarah ke Makam Soufis Subri

2023

KANIGARAN - Jelang berakhir masa kepemimpinannya, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin melakukan ziarah, doa bersama  dan tabur bunga ke makam Wakil Wali Kota periode 2019-2023 Mochammad Soufis Subri, Jum'at (29/12). Giat ini juga merupakan rangkaian Refleksi 5 Tahun Wali Kota.

Dalam ziarahnya kali ini, Habib Hadi didampingi Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, para Asisten dan Staf Ahli, serta Kepala Perangkat Daerah (PD) dan Camat di lingkungan Pemkot Probolinggo. Hadir pula pihak keluarga almarhum, Tanti Soufis Subri dan putri tunggalnya Sayyidah Rafi Dianya Shabri.

Ziarah yang dilaksanakan di komplek pemakaman keluarga, kawasan Cangkring Kelurahan Kebonsari Kulon tersebut diawali dengan pembacaan Surat Yasin dan pembacaan tahlil oleh K.H. Abdul Azis RM. Dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh K.H. Dhofir Dimyati.

Wali Kota Habib Hadi ditemui usai prosesi tabur bunga menjelaskan bahwa kunjungannya pagi itu adalah untuk menghargai jasa partnernya dalam mewujudkan pembangunan kota, semasa hidupnya. “Hari ini merupakan rangkaian dari (perjalanan) refleksi yang kami lakukan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Semenjak awal, Almarhum dan saya merumuskan tentang visi misi, sampai mendaftarkan diri lalu diberi amanah, adalah sebuah perjalanan yang tidak bisa dilupakan. Meskipun Almarhum kini sudah tiada,” ujar Habib Hadi sambil menyeka air di sudut matanya, mengenang sahabat dekatnya itu.

Sebagai partner dan sahabat terbaiknya, semasa hidupnya, mereka sering bertukar pikiran, mendiksusikan tentang kemajuan kota ini.  “Ini adalah komitmen, karena amanah yang kami emban ini juga merupakan edukasi (informasi) untuk masyarakat, bahwasanya (ada) kebersamaan dalam mewujudkan sebuah harapan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, lewat ziarah, ia ingin mendoakan Almarhum yang telah berbuat banyak dan mendedikasikan dirinya untuk pembangunan Kota Probolinggo, sebelum berpulang pada 9 Desember 2020 lalu. Sekaligus apresiasi pada keluarga almarhum yang turut mendukung, saat bertugas, pada masanya.

“Kami, saya pribadi dan keluarga almarhum ingin menyampaikan rasa terimakasih, telah diberi mandat hingga kami mampu meneruskan serta menyempurnakan visi misi yang sudah tersampaikan. Khususnya mengenai RSUD Ar-Rozy, yang sudah ditunggu-tunggu di penghujung masa jabatan saya,” ucapnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Habib Hadi, istri Almarhum, Tanti Soufis Subri juga mengaku lega karena janji mengabdi, telah berhasil dituntaskan seratus persen tepat di akhir tahun masa jabatan kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi dan Wakil Wali Kota Alm. Muhammad Soufis Subri. Meskipun realitanya, Almarhum suaminya hanya menemani perjuangan Habib Hadi sekira 2 tahun saja.

“Alhamdulillah, janji visi misi beliau berdua dapat terlaksana seratus persen. Kami sekeluarga pun ikut lega dan yakin, pasti, (Almarhum) Bapak di sana juga bahagia. Terimakasih,” pungkasnya. (es/qie)

BAGIKAN