Job Fair Virtual 2023 Tawarkan Peluang Kerja di Dalam dan Luar Negeri

2023

KANIGARANBeradaptasi dengan era yang serba digital, Rabu (26/7) pagi Pemkot Probolinggo gelar Job Fair Virtual 2023. Agenda ini diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Probolinggo yang bekerja sama dengan 22 mitra perusahan swasta perekrut kerja. Event ini sepenuhnya memanfaatkan platform yang berbasis internet, sehingga pencari kerja di Kota Mangga ini tak perlu bersusah payah keliling mencari kerja.

Membuka acara, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang diwakili oleh Kepala Disperinaker Budiono Wirawan mengatakan bahwa pengurangan angka  pengangguran terbuka menjadi target pembangunan ekonomi pemerintah pusat maupun daerah. “Ketersediaan lapangan atau kesempatan kerja baru untuk mengatasi permasalahan ketenagakerjaan yakni pengangguran merupakan salah satu target yang ingin dicapai dalam pembangunan ekonomi nasional maupun di daerah,” terangnya di lokasi acara Ruang Command Center Kantor Wali Kota Probolinggo.

Masih menurut Kadis Budiono, melalui job fair virtual ini, pemerintah dapat menjembatani kebutuhan antara perusahaan pemberi kerja dengan kandidat pencari kerja secara cepat, tepat dan efisien. “Job market fair memberikan pelayanan di bidang penempatan tenaga kerja secara cepat, tepat dan efisien kepada pencari kerja dan pemberi kerja yang akhirnya mengurangi akan pengangguran di Kota Probolinggo,” jelasnya.

Adapun sistem rekrutmen dalam job fair virtual ini seluruhnya dilaksanakan dalam jaringan atau daring (online). Mulai dari proses pencarian lowongan kerja, pengiriman lamaran hingga pengenalan kandidat pekerja. Syaratnya mudah, cukup mendaftar melalui tautan https:// bit.ly/JobFair_KotaProbolinggo2023. Hingga pembukaan acara, telah tercatat 1027 pelamar yang mendaftar.

Beberapa mitra perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di antaranya BTPN Syariah, Paseban Sena, LKP Amanah Husada, Amartha Mikro Fintek, Artaboga Cemerlang, Bromo Tirta Lestari, Eratex Djaja, Indomarco, Smartfren, Mandiri Utama Finance serta Sumbertaman Keramika Industri. Tersedia 882 lowongan pekerjaan,  di antaranya sebagai tenaga pengamanan, staf admin, penjaga gerai, promotor event, marketing, tenaga ahli mesin, operator mesin, asisten kesehatan, community officer dan lain sebagainya.

Tidak hanya lowongan pekerjaan skala lokal saja, dalam job fair tahun ini, Disperinaker juga menawarkan kesempatan kerja di luar negeri. Melalui jasa Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang sudah terpercaya dari Kota Malang, yakni Bina Mandiri. Melalui sambungan daring, perwakilan P3MI Bina Mandiri, Karnaka menerangkan bahwa peluang kerja di luar negeri masih cukup terbuka dan menjanjikan. “Bekerja di luar negeri itu lebih banyak keuntungannya, baik dari segi finansial, juga dari sosial ekonomi, teman-teman sekalian bisa mempunyai banyak peluang-peluang lain dari luar negeri ketika kembali ke Probolinggo,” jelas Karnaka sekaligus menerangkan tawaran bekerja di beberapa negara di Eropa itu. (dp/qie)

BAGIKAN