Kecamatan Wonoasih Puncaki Penyaluran CBP di Kota Probolinggo

2023

WONOASIH - Usai dilaksanakan di 4 kecamatan, Rabu (12/4) giliran Kecamatan Wonoasih yang mendapatkan jadwal penyaluran cadangan beras pemerintah (CBP). Penerimanya adalah keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah tercatat di Kementerian Sosial dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Mereka berhak mendapatkan 10 kg beras kualitas medium produksi Bulog. Bantuan CBP merupakan program dari Badan Pangan Nasional dalam rangka bantuan pemenuhan pangan untuk menghadapi puasa Ramadan dan menjelang Lebaran Tahun 2023.

Ditemui di sela-sela meninjau kegiatan, Camat Wonoasih Deus Nawandi menyampaikan bahwa seluruh kegiatan penyaluran CBP dilakukan serentak di kantor kelurahan masing-masing. Kecuali untuk Kelurahan Jrebeng Kidul yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Wonoasih karena keterbatasan sarana prasarana. “Mengingat rasio antara kantor kelurahan dengan jumlah penerima yang tidak berimbang akhirnya ditempatkan di kecamatan,” jelas Camat Deus.

Diketahui sasaran penerima manfaat untuk wilayah Kecamatan Wonoasih sebanyak 3937 KPM. Rinciannya, Kelurahan Jrebeng Kidul sebanyak 506 KPM, Kelurahan Kedung Asem 928 KPM, berikutnya Kelurahan Kedunggaleng 434 KPM. Kelurahan Pakistaji sebanyak 717 PKM, Kelurahan Sumber Taman 913 KPM dan Kelurahan Wonoasih 439 PKM. 

Hadir sebagai pengawas penyaluran bantuan dari Analis Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Probolinggo Reny Agustina menuturkan bahwa mutu beras yang disalurkan sudah teruji kualitasnya. 
“Jadi menggandeng Kementerian Pertanian sebagai pengawas mutu hasil pertaniannya mulai dari pengadaannya di Bulog, kita pantau kualitas berasnya jangan sampai barang bantuan itu seperti yang lalu-lalu, ada komplain dari warga,” tuturnya. 

Masih menurut Reny, setelah program penyaluran CBP ini, pemerintah pusat masih akan menggelontorkan bantuan pangan tambahan untuk masyarakat. “Jadi memang dari pusat kita ada 3 tahap, bantuan yang pertama berupa beras 10 kg, bantuan yang kedua nanti ada beras 10 kg ditambah daging unggas dalam hal ini ayam, itu satu ekor kisaran 0,9 sampai 1,1 kg, sama telur 10 butir per orang, bantuan ketiga juga sama, beras daging dan telur,” tambah Reny.

Salah seorang warga dari RT 2 RW 4 Kelurahan Jrebeng Kidul, Misnah yang mengambil bantuan CBP mengatakan sangat terbantu dengan adanya program ini.  “Dapat beras 10 kg, bermanfaat sekali, buat makan sekeluarga,” terang Misnah yang mengaku menghabiskan 30 kg beras sebulan untuk kebutuhan 4 anggota keluarga di rumah. (dp/fa) 

BAGIKAN