Kelurahan Kedopok Kenalkan Budaya Lokal melalui Kirab Budaya

2023

KEDOPOK - Tak ingin budaya lokal luntur, Kelurahan Kedopok adakan kirab budaya pada Rabu (9/8) siang. Peserta kirab dilepas Camat Kedopok Imam Cahyadi, di depan STAIM (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah) untuk kemudian berjalan mengikuti rute di Jalan Mahakam hingga Jalan Mastrip. Tak ayal ratusan warga memadati tepi kedua jalan tersebut. Antusiasme warga tak dapat dibendung, utamanya saat menyaksikan berbagai atraksi yang dipersembahkan sekelompok warga  yang berasal dari 4 RW di Kelurahan Kedopok.

“Kegiatan kirab budaya dan pawai ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat Kota Probolinggo, khususnya warga Kelurahan Kedopok agar mengenal seni budaya lokal dan memberikan kontribusi untuk pembangunan Kota Probolinggo,” kata Camat Kedopok Imam dalam sambutannya mewakili Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin.

Apalagi era globalisasi seperti saat ini, lanjutnya, pengembangan seni budaya terutama di wilayah Kelurahan Kedopok perlu ditingkatkan. “Agar generasi muda ini mengenal budayanya sendiri sekaligus dapat menjadi event wisata yang menunjang ekonomi masyarakat di sekitar dan berimbas ke seluruh wilayah Kota Probolinggo nantinya,” sambungnya.

Mengambil tema, “Melalui Pendidikan Tingkatkan SDM Kelurahan Kedopok Menuju Daya Saing Global”, Camat Imam berharap giat ini bisa menggugah masyarakat setempat untuk bisa mengeluarkan karya kreatifnya dan mampu membawa seni budaya lokal lebih dikenal.

Salah satu juri penilai lomba kirab budaya, Ismail Panji mengatakan aspek penilaian diambil dari kemeriahan, keunikan, kreatifitas, kekompakan dan kesesuaian dengan tema HUT RI. “Seperti bahan yang dipakai dari daur ulang itu kreatifitas misalnya. Tapi yang terpenting dari itu semua adalah kemeriahan dan keunikan karena kalau tidak unik tidak disukai masyarakat,” jelasnya.

Pria yang berlatar belakang sebagai dosen itu berpesan giat ini ke depannya dapat berlanjut terus. “Karena baru sekali ini kegiatan kirab budaya ini di Kelurahan Kedopok diharapkan sebagai awal dilakukan. Selain bisa menghibur masyarakat, lainnya adalah bisa menambah ekonomi masyarakat yang berjualan juga,” imbuhnya. Giat ini dihadiri juga Lurah se-Kecamatan Kedopok dan forkopimca setempat. (dy/qie)

BAGIKAN