Kembali Sambangi Posyandu, Begini Pesan Aminah Hadi

2023

KADEMANGAN - Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin kembali sambangi posyandu. Kali ini ke empat posyandu yang ada di Kecamatan Kademangan. Yaitu Posyandu Dahlia 2A dan 2B, Kelurahan Pilang, Posyandu Bougenville di Kelurahan Ketapang dan Posyandu Semeru di Kelurahan Triwung Lor.

Di Posyandu Dahlia 2B Kelurahan Pilang, kedatangan Aminah Hadi disambut dengan musik patrol yang dibawakan oleh sejumlah anak-anak. Usai menyapa warga sekitar dan kader posyandu setempat, Aminah Hadi langsung memberikan bantuan peralatan yang dibawanya. Di antaranya timbangan digital, meja kursi posyandu, timbangan injak dan loker.

Dalam sambutannya, Aminah Hadi memberikan ucapan terima kasihnya kepada segenap kader dan ibu-ibu yang datang. “Terimakasih sudah hadir di posyandu, dan membawa anak-anaknya. Ini balita gemoy-gemoy ya. Makan apa ini?” tanyanya.

Pertanyaan itu spontan dijawab ibu-ibu peserta dengan celetukan, “Sayur kelor bu” ujar salah satu ibu. “Ikan laut bu,” celetuk lainnya, menyahut.

Istri Wali Kota Probolinggo itu pun memberikan jempolnya. “Alhamdulillah saya bisa hadir di sini untuk memberikan oleh-oleh dari Pemerintah Kota Probolinggo. Semoga bermanfaat ya dan ibu-ibu bisa semakin rajin datang ke posyandu,” ucapnya.

Ibu-ibu yang berasal dari RT 2 dan RW 2 ini pun, sempat mencandai Aminah Hadi. “Dulu timbangannya error bu,” ucap salah satu peserta. “Sekarang tidak lagi ya. Iya jadi harus lebih rajin ke posyandu. Di posyandu ibu-ibu bisa mendapatkan banyak hal. Anaknya ditimbang, dipantau tumbuh kembangnya. Ada diberi vitamin dan diberikan imunisasi. Imunisasinya harus lengkap ya,” pintanya pada peserta posyandu.

Sebelum meninggalkan lokasi, Aminah Hadi sempat berpesan agar ibu-ibu posyandu tidak sering memberikan handphone sebagai alat bermain anak-anaknya. “Jangan sering-sering. Nanti kalau kebanyakan gak bagus buat perkembangan anak,” ucapnya yang dijawab anggukan oleh peserta.

Selain memberikan bantuan peralatan Aminah Hadi menyempatkan diri berinteraksi dengan anak-anak balita yang hadir di posyandu. Mereka diminta membaca doa dan bagi yang berani maju, diberikan hadiah berupa tumbler sebagai kenang-kenangan.

Ditemui usai kunjungan, Ketua Posyandu Dahlia 2B Kelurahan Pilang, Masriah mengatakan posyandunya selalu diselenggarakan rutin setiap tanggal 20 di setiap bulannya. “Khusus bulan ini tanggal 23, menyesuaikan agenda Ibu Wali. Terimakasih kepada Ibu Wali atas bantuannya dan atas kedatangannya,” ucapnya.

Masriah menambahkan, sasaran di posyandunya sebanyak 65 pasang ibu-anak dan setiap bulannya, selalu banyak yang hadir. “Minimal 30 sasaran pasti hadir. Kalau tidak hadir karena halangan lain, kader keliling menyampaikan dari rumah ke rumah. Utamanya seperti vitamin atau info adanya imunisasi,” ujarnya.

Wakil ketua posyandu, Sulastri menambahkan, pihaknya juga sering menjembatani jika ada penyuluhan dari berbagai pihak untuk ibu-ibu posyandu. “Rutin kami berikan makanan tambahan seperti kacang hijau, agar-agar sehingga intensitas kedatangan ke posyandu tinggi,” pungkas Sulastri. (qie)

BAGIKAN