Keseruan Aminah Hadi Bermain Bersama Balita saat Sambang Posyandu

2023

PROBOLINGGO - Suasana haru kental terasa pada sambang posyandu yang dilakukan TP PKK Kota Probolinggo. Para kader tampak tidak dapat menahan rasa bahagianya karena bertemu dan dikunjungi langsung oleh istri Wali Kota Aminah Hadi bersama rombongan, Rabu (15/3). Aminah juga menyempatkan bermain bersama balita di sela kunjungannya. 

Ya, dua posyandu itu adalah Posyandu Latulip RW I Kebonsari Kulon dan Posyandu Kenanga RW 4 Kebonsari Wetan. Ialah Usnanik ketua kader Posyandu Latulip dan Siti Syaiful Ketua Posyandu Kenanga, yang memberikan sepatah dua patah kata untuk kedatangan istri orang nomor satu di Kota Probolinggo tersebut. 

“Saya bangga sekali karena ibu sudah datang dan menyambangi posyandu saya, juga diberi sarpras seperti ini. Semoga berguna untuk seterusnya karena sudah lama ga dapat bantuan posyandu. Ada meja, tapi sudah rusak. Timbangan juga sudah rusak,” ungkap Usnanik, yang sudah menjadi kader sejak tahun 2004.

Sedangkan di Posyandu Kenanga Kebonsari Wetan, Siti Syaiful tampak berkaca-kaca menahan air mata karena akhirnya bertemu dengan Aminah Hadi yang selama ini ditunggu-tunggu. Ia berkata bantuan tersebut sangat membantu sasaran balita dan ibu hamil.

“Saya juga sangat senang banget bertemu dan bersilaturahmi secara langsung disini. Nanti kalau saya datang kesini lagi ga bosen ya, ibu-ibu?,” tanya Aminah yang akrab dipanggil Bunda Aminah dan dijawab tidak oleh mereka yang datang. 

Hal berbeda juga ditemui pada Posyandu Tunas Muda RW 12 A Kelurahan Kanigaran. Posyandu tersebut berupa area yang sangat luas dan asri. Posyandu ini memiliki ruang terbuka yang sangat lebar semacam panggung dan diisi permainan edukatif. Setelah memberikan bantuan sarpras sembari menyapa memberikan doorprize untuk sasaran yang hadir, Aminah Hadi mengunjungi anak-anak yang tengah asyik bermain puzzle. Cukup lama beliau menemani anak-anak balita tersebut sesekali tertawa bersama.

“Luar biasa sekali ya ada posyandu yang seperti ini, saya sangat mengapresiasi sekali jika ada posyandu yang menyediakan fasilitas seperti ini karena membuat anak-anak tenang dan asyik, dan pastinya tidak rewel juga,” jelas Bunda Aminah. Ia juga mempunyai kegiatan bermain bersama anak-anak di rumah, dan merupakan kegiatan wajib yang dilakukan disela-sela kesibukannya sebagai istri wali kota Probolinggo.

Pada Posyandu Edelweis, posyandu terakhir dalam sambang hari itu, Aminah Hadi beserta rombongan bertemu bayi prematur berusia satu bulan. Ia langsung menginstruksikan tim dari puskesmas Kanigaran untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

“Iya nanti kita lakukan kunjungan langsung ke rumah adik bayinya. Kita lakukan kunjungan, pemeriksaan dan evaluasi kepada bayi tersebut. Kenapa masih ikterus (kuning, red) padahal sudah berusia satu bulan. Memang belum ada laporan sebelumnya, kita langsung tindak lanjuti,” jelas dokter Ike Yuliana, Kepala Puskesmas Kanigaran.

Seperti diketahui, TP PKK Kota Probolinggo memberikan bantuan sarana prasana berupa meja, kursi, timbangan bayi dan injak digital, loket, dan paket PMT kepada seluruh posyandu yang berjumlah 218 posyandu yang ada di Kota Probolinggo. Sebagai Ketua, Aminah Hadi Zainal Abidin selalu hadir secara langsung untuk bersilaturahmi dan memberikan secara langsung bantuan tersebut kepada kader posyandu bertepatan dengan pertemuan rutin posyandu. (sit/fa)

 

BAGIKAN