KPU Kota Probolinggo Gelar Kirab Pemilu Tahun 2024 Selama 7 Hari

2023

KANIGARAN - KPU Kota Probolinggo resmi terima bendera merah putih dan pataka logo KPU RI dari KPU Surabaya pada Selasa (16/5) pagi. Serah terima tersebut disaksikan oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan jajaran Forkopimda di depan Kantor Wali Kota Probolinggo. Agenda itu, sekaligus tandai dimulainya Kirab Pemilu Tahun 2024 yang digelar selama 7 hari di wilayah Kota Probolinggo.

Kirab Pemilu Tahun 2024 merupakan agenda nasional yang sudah diluncurkan pada tanggal 14/2 lalu oleh KPU pusat. Kota Probolinggo menjadi salah satu rute estafet yang dilewati di jalur IV. Diawali dari KPU Provinsi Kalimantan Utara, KPU Provinsi Kalimantan Timur, KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Surabaya.

Disampaikan oleh Plh. Ketua KPU Kota Probolinggo Akhmad Faruk Yunus Putra, dilaksanakannya agenda kirab pemilu ini merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat dengan harapan agar pemilu Tahun 2024 berjalan lancar. “Dengan harapan semoga penyelenggaraan pemilu tahun 2024 di Indonesia, utamanya di Kota Probolinggo bisa berjalan dengan lancar, aman, damai sesuai dengan jargon kita adalah Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa,” terang Akhmad Faruk membacakan sambutan Ketua KPU Kota Probolinggo.

Sementara itu, mewakili Forkopimda, Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto mengapresiasi kirab pemilu yang digelar di Kota Probolinggo ini seraya mengajak partisipasi masyarakat untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas. “Kami mengingatkan pada seluruh masyarakat Kota Probolinggo yang akan mengikuti pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 untuk berpartisipasi aktif dengan memberikan hak suaranya secara langsung, turut menjaga situasi yang kondusif dan aman selama pesta demokrasi berlangsung,” tegas Dandim 0820 itu.

Masih di agenda yang sama, juga dilaksanakan penandatanganan Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa oleh wali kota, Forkopimda, Ketua KPU Kota Probolinggo dan perwakilan dari 18 partai peserta pemilu. Di antaranya, PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Buruh, Gelora, PKS, Kebangkitan Nusantara, Hanura, Garda Perubahan Indonesia, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP dan Ummat.

Ditemui usai seremoni kirab pemilu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin bersyukur dan bangga bahwa Kota Probolinggo terpilih dalam rangkaian kunjungan kirab pemilu. “Alhamdulillah Kota Probolinggo menjadi titik dalam kirab pataka yang dilaksanakan dalam menyambut pemilu 2024, tentunya itu suatu kebanggan dan sejarah bagi Kota Probolinggo karena kita ingin memberikan suatu hal untuk Indonesia,” kata Habib Hadi.

Wali kota juga berharap melalui kirab ini masyarakat lebih peduli untuk mensukseskan pemilu tahun 2024. “Bahwasanya kita memilih untuk Indonesia, maka dari itu harapan saya dengan kirab ini kepedulian masyarakat betul-betul mulai tinggi karena pemilu harus kita wujudkan apa yang menjadi harapan kita bersama,” pesan orang nomor satu di Kota Probolinggo itu.

Kirab ditutup dengan pelepasan rombongan kendaraan kirab yang mengusung bendera merah putih, pataka logo KPU, bendera partai peserta pemilu serta himbauan-himbauan untuk mensukseskan pemilu. Diikuti oleh segenap peserta kirab dari petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPKP) dan petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) serta anggota keamanan dari kepolisian dan TNI. (dp/uby)

BAGIKAN