Kumpulkan Anggotanya, Udeng Mapan Bahas AD-ART untuk Kemajuan Bersama

2023

KADEMANGAN - Komunitas pengusaha mikro kecil menengah, Udeng Mapan mengadakan general meeting di pendopo Kecamatan Kademangan, Rabu (18/10) siang. Sebagai informasi, Udeng Mapan sendiri merupakan akronim dari UMKM Kecamatan Kademangan Maju dan Terdepan. Kelompok ini berdiri pada 22 Desember 2022 dan beranggotakan sekira 140 orang.

Ketua Udeng Mapan, Nur Hidayati mengatakan, dalam pertemuan Rabu (18/10) ini mereka membahas tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) demi kelancaran program organisasi ke depannya. Hadir dalam acara tersebut, mewakili Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Slamet Swantoro.

Dalam sambutannya, Slamet pun meminta setiap pelaku UMKM di kota ini bangga. Karena, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), secara nasional sektor UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu 61% terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Juga berdasarkan Kementerian Koperasi dan UMKM, Indonesia memiliki 65.5 juta UMKM. “Yang artinya, posisi UMKM ini penting dalam hal penyerapan tenaga kerja. Karena 97% dari total tenaga kerja di Indonesia, disumbang oleh sector UMKM,” jelasnya.

Di Kota Probolinggo sendiri jumlah UMKM terus bertambah dan tumbuh, saat ini mencapai lebih dari 20 ribu UMKM. “Jumlah yang sangat besar inilah menjadi berkah sekaligus kerja rumah bagi pemerintah untuk membina UMKM agar bisa naik kelas dan memperbesar skala usahanya. Dengan meraup pasar yang lebih luas dan yang lebih tinggi dan ketahanan usahanya lebih kuat lagi,” jelasnya.

Ia berpesan pada peserta Udeng Mapan untuk mengikuti dengan baik arahan dari narasumber. “Yang jelas KUR ini sangat membantu untuk UMKM karena bunganya sangat kecil sekali dan syaratnya semoga bisa dipermudah. Dan pesan saya kalau memang nanti menggunakan KUR untuk digunakan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Slamet pun mengingatkan agar program KUR dijadikan jalan untuk memperbesar usaha, bukan malah berfoya-foya. “Jangan setelah dapat KUR beli kulkas, beli sepeda motor, nanti tidak berkembang. Kalau sepeda motornya digunakan untuk usaha tidak apa-apa, untuk memperlancar transportasi. Tapi untuk kebutuhan konsumtif, janganlah,” pesannya. Ia juga mengimbau Udeng Mapan untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan mengembangkan usahanya secara online.

Secara terpisah ditemui di ruang kerjanya, Camat Kademangan Gofur Effendy mengatakan Udeng Mapan merupakan paguyupan atau kelompok UMKM yang ada di Kecamatan Kademangan. Secara keseluruhan Gofur menyebutkan jumlah UMKM di wilayah kecamatannya sebanyak 3.450 tetapi yang memiliki e-UMKM hanya ada 777 UMKM yang aktif dari berbagai macam jenis usaha. “Ya inginnya UMKM di Kecamatan kademangan semakin maju dan mampu meningkatkan perekonomian secara umum untuk Kota Probolinggo dan khususnya Kecamatan Kademangan. Hal ini sesuai dengan mottonya yaitu maju dan terdepan tentunya. Sehingga taraf kehidupan masyarakat kecamatan kademangan bisa meningkat dan sejahtera,” harapnya.

Salah satu anggota Udeng Mapan adalah Iin Zainiyah (36) warga Kelurahan Ketapang yang memiliki usaha di bidang makanan. Secara tidak sengaja, usahanya itu dirintis sekira dua tahun lalu saat anak-anaknya suka makan pizza. Mau tidak mau ia pun mulai belajar dan kursus secara online keterampilan membuat makanan khas Italia itu.

Sampai saat ini ia membuatnya sendiri tanpa bantuan karyawan, mulai dari memanggang, menghias pinggiran (topping) dan menjualnya secara online. “Karena fresh ya, jadi sesuai dengan orderan saja saya membuatnya. Dengan diameter 20 sampai 30 cm, mulai harga dari Rp 18 ribu sampai dengan Rp 85 ribu, tergantung topping dan ukurannya,” terangnya.

Iin mengaku belum memiliki kartu e-UMKM dan ia berinisiatif untuk segera mendapatkan kartu tersebut. “Baru gabung di sini (Udeng Mapan) baru tiga bulanan dan belum memiliki kartu e-UMKM, sekarang masih mengurus itu,” tuturnya.

Iin juga mengaku pernah memanfaatkan jasa KUR di salah satu perbankan syariah di Kota Probolinggo. Ia pun menilai KUR ini bisa membantu UMKM untuk usaha dan permodalannya. “Soalnya kan (KUR) memang dibutuhkan dan juga bunganya itu kecil, jadi kita ringan membayarnya (pinjaman). Saya waktu itu ambil sekitar Rp 10 juta selama empat tahun. Memang untuk keperluan UMKM, beli oven dan peralatan pizza. Semoga KUR ini menjadi lebih baik lagi ke depannya untuk melayani UMKM yang ada dan bisa mempercepat pencairannya disamping ada persyaratannya itu,” ucapnya.

Turut hadir dalam giat ini Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUP) Fitriawati, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Budiono Wirawan, lurah se-Kecamatan Kademangan. (dy/qie)

BAGIKAN