Meriah, 29 Perangkat Daerah Antusias Ikuti Lomba Kemerdekaan

2023

MAYANGAN - Nuansa keceriaan dan gelak tawa peserta mewarnai berbagai macam perlombaan yang digelar Pemerintah Kota Probolinggo dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu (30/8). Di antaranya, lomba gerak jalan kreatif, lomba salur air beregu, lomba salur sarung beregu dan lomba memasukkan paku dalam botol yang diikuti 29 perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Seluruh pegawai baik ASN dan non-ASN suka cita dan berbaur menjadi satu mengikuti setiap perlombaan yang digelar sedari pukul 07.00 pagi. Utamanya, pada lomba gerak jalan kreatif dengan start dari Museum Probolinggo dan finish di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo. Lomba ini tidak hanya sekedar menampilkan keunikan kostum dan yel-yel saja, juga pada atraksi gerakan yang unik, menghibur dan sarat makna.

Seperti salah satu peserta dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar dengan tema “warga binaan” yang dikomandoi Kasatpol PP Pujo Agung Satrio. Ia mengatakan Satpol PP memiliki tugas terkait penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada), penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, pemadam kebakaran dan penyelamatan. 

“Dalam penyelenggaran tugas itu kami mempunyai mitra warga binaan yang sering berhubungan dengan kami. Yang sering kami bina, tertibkan dan amankan. Mulai dari anak punk, anak jalanan, ODGJ, waria dan juga penertiban tempat-tempat hiburan,” jelas Pujo.

Di perlombaan ini, Pujo  ingin menyampaikan pesan yang terkandung dalam ikrar komitmen warga binaan. Yaitu, berjanji untuk turut serta dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dan mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo.

Cheny, salah satu penonton sekaligus supporter dari BKPSDM mengaku terhibur dengan perlombaan ini. Menurutnya, perlombaan yang disuguhkan tidak hanya mengundang tawa tetapi juga menampilkan kreativitas dan pesan di dalamnya.

“Ya asyik, seru, unik juga heboh jadi ikut antusias gitu. Seneng dan bahagia lihatnya karena diadakan setahun sekali. Semoga masih terus berlanjut seperti ini yang lebih seru lagi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo Siti Romlah selaku penyelenggara lomba mengungkapkan, serangkaian perlombaan digelar sebagai wahana bagi perangkat daerah dalam menunjukkan kecintaannya pada negara khususnya Kota Probolinggo.

“Serangkaian lomba ini untuk memperingati HUT ke-78 RI dan HadiPro ke-664. Juga sebagai wahana bagi PD menunjukkan kecintaan pada negara dan Kota Probolinggo khususnya, yang dipadukan dalam tema yang sinergi dengan tupoksi PD. Ini juga bagian komunikasi PD dengan masyarakat dengan cara menyapa dalam keceriaan,”pungkasnya.

Dari kegiatan ini diperoleh hasil para pemenang lomba, diantaranya pemenang lomba gerak jalan kreatif yang berhasil diraih Dinas Kesehatan P2KB sebagai juara 1, juara 2 Satpol PP dan juara 3 Sekretariat  DPRD. Pemenang lomba salur air beregu, juara 1 diraih oleh BPBD, juara 2 dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) dan juara 3 diraih oleh Inspektorat. Sedangkan pemenang lomba memasukkan paku ke dalam botol, Juara 1 diraih oleh  BPPKAD, juara 2 dari Inspektorat dan Juara 3 dari DPUPR Perkim. Serta pemenang lomba salur sarung beregu, juara 1 diraih oleh RSUD AR ROZI, juara 2 dari Bappeda Litbang dan juara 3 dari Dinas Kesehatan P2KB. (dy/mir)

BAGIKAN