Nobar Kirab Pemilu 2024, KPU Pastikan Masyarakat Mengetahui Tahapan Pemilu

2023

MAYANGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meluncurkan Kirab Pemilu 2024 yang disaksikan secara live streaming di kantor KPU Kota Probolinggo, Selasa (14/2). Nonton bareng (nobar) peluncuran ini diikuti Sekda Kota drg. Ninik Ira Wibawati, perwakilan Forkompimda, Kepala Kemenag Samsur, Komisioner KPU, Bawaslu, Partai Politik (Parpol), Organisasi Masyarakat, Perguruan Tinggi dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri menyampaikan bahwa hari ini (14/2) merupakan 1 tahun menuju coblosan pemilu 2024 atau 365 hari menjelang hari kasih suara. Dimana kirab pemilu tahun 2024 dimulai sejak 14 Februari 2023 hingga 25 november 2023. “Secara berkelanjutan tahapan demi tahapan bisa kita ikuti bersama. Semoga pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang bisa berjalan lancar, aman dan sukses,” katanya.

Menurut Hudri-panggilan akrabnya, pihaknya kali ini mencoba untuk melakukan optimalisasi publikasi dan aspek kehumasan lainnya, untuk memastikan bahwa masyarakat mendapat informasi secara utuh, terkait tahapan-tahapan pemilu. “Tidak hanya tanggal pemungutan suaranya saja, tapi juga semua rangkaian  tahapan, supaya masyarakat dapat informasi dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Tahapan demi tahapan itu, sudah di mulai sejak tahun lalu yakni pendaftaran parpol, hingga penetapan 18 parpol nasional dan 6 parpol lokal. Selain itu KPU Kota Probolinggo juga telah menyelesaikan proses penataan alokasi daerah pemilihan (dapil).

“Nah ini yang menarik. Karena sejarah panjang, penataan pemilihan daerah di sini pada pelaksanaan pemilu tahun mendatang, tidak lagi gabungan kecamatan. Melainkan masing-masing kecamatan sudah menjadi dapilnya,” terangnya.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, ditetapkan Kota Probolinggo ada 5 dapil.

Yakni secara berurutan dengan 8 kursi yaitu dapil 1 Kanigaran dan dapil 2 Mayangan, dapil 3 Wonoasih dengan 4 kursi. Berikutnya, masing-masing 5 kursi untuk dapil 4 Kedopok dan dapil 5 Kademangan.

“Untuk menciptakan tata kelola pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang baik, kami berharap Pemkot bisa turut serta mensosialisasikan penyelenggaraan pemilu pada masyarakat, agar lebih pro aktif. Apalagi khususnya saat ini sedang berlangsung proses pemutakhiran data pemilih di tiap TPS,” harapnya.

Terkait peluncuran kirab pemilu 2024 itu sendiri, Hudri menerangkan bahwa Kota Probolinggo tidak termasuk dalam kota yang dilewati kirab. Namun demikian, pelaksanaan kirab tetap bisa disaksikan bersama-sama melalui youtube.

Pelaksanaan kirab bakal dilakukan di tujuh kota, yakni mengawali start hari ini di kantor KPU Aceh menuju kantor KPU Batam, kantor KPU Pontianak Kalimantan Barat, kantor KPU Bulungan Kalimantan Utara, kantor KPU Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara, kantor KPU Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan kantor KPU Jayapura Provinsi Papua. Selanjutnya akan finish di Jakarta pada tanggal 25 November 2023. Dengan diikuti total sebanyak 305 kota/kabupaten di 38 provinsi di tanah air.

Ditemui usai giat yang berlangsung sekira pukul 14.00 WIB itu, Sekda drg Ninik mengimbau masyarakat untuk tidak ragu datang ke TPS. “Yang pasti harapannya pemilu ini diadakan secara jujur. Yang sudah memenuhi persyaratan, ayo datang ke TPS, jangan golput!,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Partisipasi Hubungan Masyarakat KPU RI Cahyo Ariawan pada giat yang disaksikan melalui layar proyektor itu melaporkan, kegiatan peluncuran ini bertujuan mensosialisasikan dan mengenalkan partai politik peserta pemilu tahun 2024 seluas-luasnya kepada masyarakat. Memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai proses dan tata cara teknis penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, serta meningkatkan partisipasi masyarakat yang ditandai dengan peningkatan partisipasi masyarakat di tahun 2024, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Selanjutnya, dilaksanakan pembacaan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa yang dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan diikuti oleh semua tamu undangan. (es/fa)

BAGIKAN