Pantau Pemberian Vitamin A dan Beri Penyuluhan 3M Plus

2023

PROBOLINGGO - Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin kembali menyerahkan sejumlah bantuan berupa digital baby scale, timbangan digital (injak), meja, kursi dan loker bagi Posyandu se-Kota Probolinggo. Ya, kali ini Ketua TP PKK mengunjungi sejumlah posyandu di Kecamatan Mayangan dan Kanigaran, Jumat (10/2) pagi.

Diantaranya, Posyandu Flamboyan RW 6 Kelurahan Sukabumi, Posyandu Mayang Setha RW 1 Kelurahan Mayangan, Posyandu Flamboyan RW 6 Kelurahan Mangunharjo, Posyandu Merpati 2 Kelurahan Jati, Posyandu Lestari RW 3 Kelurahan Kanigaran, dan Posyandu Sekar Arum RW 7 Kelurahan Curah Grinting.

“Alhamdulillah, kami membawa meja, kursi, digital baby scale, timbangan digital dan loker. Mudah-mudahan dengan lengkapnya sarana prasarana yang ada di posyandu semakin menambah semangat para kader dan ibu-ibu untuk membawa anak-anaknya ke Posyandu. Sehingga menjadi anak-anak yang sehat, insyaallah,” ujar Aminah saat di Posyandu Flamboyan RW 6 Kelurahan Sukabumi.

Aminah juga memantau pemberian vitamin A dan menyempatkan memberikan vitamin A kepada beberapa balita di 6 posyandu tersebut. Tercatat sebanyak 17.746 vitamin A yang diberikan di 6 Puskesmas, yaitu Puskesmas Ketapang sebanyak 3.990, Puskesmas Kedopok sebanyak 2.566, Puskesmas Wonoasih sebanyak 2.650, Puskesmas Sukabumi sebanyak 2.200, Puskesmas Jati sebanyak 2.350 dan Puskesmas Kanigaran sebanyak 3.990. Vitamin A diberikan dengan tujuan untuk memberikan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh balita.

“Kebetulan memang momen pemberian vitamin A di bulan Febuari. Sehingga sekalian saya memberi vitamin A untuk anak-anak. Alhamdulillah, antusias warga luar biasa untuk datang ke Posyandu,” ungkapnya.

Ia juga tiada henti mengingatkan warga Kota Probolinggo khususnya para ibu yang memiliki bayi atau balita untuk rajin ke posyandu dan memberikan penyuluhan untuk membasmi sarang nyamuk dengan 3M plus. Yaitu menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air, dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), plus menghindari gigitan nyamuk seperti menggunakan lotion anti nyamuk, obat anti nyamuk, dan sebagainya.

“Saya tetap mengingatkan agar rajin ke posyandu, untuk memantau tumbuh kembang bayi dan balitanya. Apalagi sekarang masih musim hujan, saya mengimbau agar menjaga kesehatan, memperbanyak asupan gizi dengan makan makanan yang bergizi dan pemberantasan sarang nyamuk (3M plus),” imbau Aminah.

Ditemui usai acara, dr. Ajeng Putih Sekarningrum dari Puskesmas Kanigaran yang hadir di Posyandu Sekar Arum RW 7 Kelurahan Curah Grinting mengungkapkan, pemberian vitamin rutin diberikan 2 kali dalam setahun, yaitu di bulan Februari dan Agustus. Terdapat dua jenis vitamin A yaitu vitamin A berwarna merah dan biru. Vitamin A berwarna biru diberikan bagi anak usia 6-11 bulan dan vitamin berwarna merah diberikan bagi anak usia 12-59 bulan.

“Fungsinya banyak sekali, salah satunya untuk mencegah penyakit campak dan menjaga kesehatan mata. Pemberian vitamin A wajib diberikan dan kesadaran orang tua juga sudah sangat baik sehingga tidak ada yang menolak,” ungkapnya.

dr. Ajeng berharap masyarakat Kota Probolinggo semakin sadar untuk membawa anak-anaknya ke Posyandu. “Seperti yang disampaikan oleh Ketua TP PKK, tidak ada halangan untuk tidak datang ke Posyandu. Ditambah sekarang ini posyandu sudah diberikan fasilitas sarana prasarana seperti ini. Posyandu itu gratis dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk anak-anak kita,” pesannya. (mir/fa)

BAGIKAN