Perdana di Tahun ini, 261 Turis Eropa Ikuti Heritage City Tour

2023

KANIGARAN - Wilayah Kota Probolinggo yang berbatasan dengan laut di sebelah utara membawa keuntungan sendiri. Salah satunya menjadi tempat bersandarnya kapal pesiar dari luar negeri. Setiap tahun ada sejumlah kapal pesiar yang bersandar dan menikmati pariwisata yang ada di Kota Probolinggo.

Dengan mengangkat tema Heritage City Tour, Pemerintah Kota Probolinggo mempromosikan berbagai tempat-tempat bersejarah yang memang banyak sekali ditemui di kota yang sudah berusia hampir 664 tahun ini. Seperti yang tampak Selasa (24/1), ada 261 wisatawan asing Eropa yang menaiki kapal MS Amera dari Jerman mengikuti tur bersejarah singkat.

Rombongan wisatawan dibagi menjadi dua kelompok dengan rute berlawanan mengendarai becak. Yakni Pelabuhan menuju ke Alun-alun, klenteng Sumber Naga di Jalan WR Supratman, lalu ke Pasar Baru, berlanjut menuju Gereja Merah dan Museum Kota Probolinggo. Mereka juga berkunjung ke Batik Manggur di Kademangan.

Di museum, para wisatawan disuguhi oleh atraksi tarian lokal yang menampilkan tari Kiprah Lengger dan Anampi Beras yang disajikan Bina Tari Bayu Kencana. Salah satu wisatawan yang tinggal di Ibukota Jerman, Joanna menyatakan sangat senang dengan kunjungannya tersebut.

“Saya begitu senang untuk berkunjung kesini (Kota Probolinggo), apalagi mengetahui bahwa kita diajari batik. Saya mempunyai kain di rumah, dan ingin membatik dengan kain itu, nanti saya akan belajar bagaimana cara membatik,” ujar perempuan 40 tahun tersebut.

Ditanya kesannya tentang Kota Probolinggo, perempuan yang berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris tersebut menerangkan bahwa dia menyukai kota ini. Karena mempunyai banyak tempat bersejarah meskipun agak sedikit kurang bersih di jalanannya.

Sudarso, Kabid Promosi Pariwisata pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata menjelaskan bahwa kedatangan Kapal Pesiar Amera ini adalah yang pertama kalinya di tahun 2023. “Selama tahun ini kita akan kedatangan 7 kapal pesiar, namun kunjungan terbanyak ialah hari ini. Ga menutup kemungkinan akan bertambah juga,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kapal Pesiar Amera berangkat dari Jerman sejak Desember dan akan berpesiar berkeliling dunia selama 3 bulan atau tepatnya 125 hari. Sebelum ke Kota Probolinggo, kapal ini bersandar di Semarang, dan setelah ini akan menuju ke Pulau Bali. Total 10 hari, kapal ini akan mengarungi lautan di wilayah Indonesia. (sit/fa)

BAGIKAN