PORPROV VIII Jatim Berakhir, Kota Probolinggo Bawa Pulang 12 Medali Emas, 13 Perak dan 18 Perunggu

2023

MOJOKERTO - Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII Jawa Timur 2023 sudah berakhir. Ajang itu resmi ditutup oleh Sekda Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono di Stadion Gelora Gajahmada Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (16/9) malam.

Hajat gede kali ini menghadirkan Special Guest Star yaitu Kangen Band, Dudy Oris dan Vinoqi Entertainment serta Pertunjukan Tari Kolosal asal Bumi Mojopahit dan Firework Spectacular.

Sekdaprov Adhy Karyono dalam sambutannya semalam, menyampaikan rasa bangganya atas kesuksesan penyelenggaraan Porprov Jatim VIII 2023. Tak hanya sukses penyelenggaraan tetapi juga sukses prestasi yang dibuktikan dengan adanya 85 pemecahan rekor atas 35 cabor yang dipertandingkan.

“Acara ini sangat sukses, ditandai dengan prestasi yang semakin tinggi karena terdapat 85 pecah rekor. Ini pertanda bahwa kita ada peningkatan,” katanya.

Lebih lanjut Adhy mengatakan, Porprov sukses memberikan berkah terhadap masyarakat sekitar yang memberikan dampak peningkatan ekonomi. Seperti contoh di Kabupaten Mojokerto yang sementara tercatat terjadi perputaran ekonomi sebesar Rp 14 miliar.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kota Probolinggo Rahadian Juniardi di sela-sela acara pada probolinggokota.go.id menuturkan, pada ajang Porprov VIII kali ini kontingen Kota Probolinggo mengalami pencapaian terbaik sepanjang keikutsertaannya di event serupa.

"Mulai (Porprov Jatim) ke satu hingga ke tujuh, melampaui catatan terbaik. Pencapaian terbaik ini bisa dilihat dari jumlah perolehan medali dan poin terbanyak," ujarnya.

Tak lupa, Dodik-sapaan akrabnya, mengucapkan terima kasihnya pada  Pemerintah kota Probolinggo, khususnya Wali Kota Habib Hadi, atas segala perhatian dan dukungannya. Sehingga prestasi di bidang olahraga Kota Probolinggo mengalami kemajuan dan peningkatan.

"Alhamdulillah target sepuluh medali emas dan peningkatan prestasi dari Porprov sebelumnya bisa tercapai. Terima kasih Bapak Wali Kota, pada semua cabor juga yang telah ambil bagian di bawah naungan KONI Kota Probolinggo di ajang Porprov ke delapan Jawa Timur tahun 2023 ini. Dan apresiasi setinggi tingginya kepada cabor yang atlet-atletnya, yang telah menyumbang medali sekaligus mengharumkan nama kota tercinta," ucapnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Dodik, Ketua Kontingen Kota Probolinggo Porprov VIII Jatim 2023 A. Mujiono Iroe menyampaikan bahwa, selama seminggu pelaksanaannya, Kota Probolinggo berhasil membawa pulang total 12 medali emas, 13 perak dan 18 perunggu, dengan perolehan poin sebanyak 92. Sehingga menambatkan Kota Seribu Taman ini di urutan ke 23 se -Jawa Timur.

Hasil ini, lanjutnya, telah naik sebanyak 35% dari tahun 2022. "Tahun lalu, perolehan kita emas 8, perak 10 dan perunggu 14. Ini kenaikan luar biasa," terangnya.

Atas capaian ini, ia pun berharap, di event berikutnya kontingen Kota Probolinggo akan lebih berprestasi, lebih semangat berlatih dan membawa Kota Probolinggo lebih harum lagi.

"Untuk cabor-cabor anggota KONI Kota Probolinggo, semoga kita selalu sehat. Aamiin," pungkasnya.

Ya. Porprov Jawa Timur ke VIII sudah berakhir dan Porprov Jatim ke IX Tahun 2025 mendatang, akan diselenggarakan di Malangraya. Meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. (es/qie)

 

Berikut Perolehan Medali Kota Probolinggo di Ajang Porprov Jatim ke VIII Tahun 2023, yang diselenggarakan Sabtu 9 - 16 September 2023 :

KONTINGEN KOTA PROBOLINGGO

MEDALI EMAS ( 12)

  1. Cabor : Berkuda
  2. Cabor : Biliar
  3. Cabor : Catur
  4. Cabor : Panjat Tebing
  5. Cabor : Bridge
  6. Cabor : Atletik
  7. Cabor : Atletik
  8. Cabor : Dayung
  9. Cabor : Atletik
  10. Cabor : Dayung
  11. Cabor : Anggar
  12. Cabor : Bridge

MEDALI PERAK (13)

  1. Cabor : Hapkido  
  2. Cabor : Sepak Takraw
  3. Cabor : Panjat Tebing
  4. Cabor : Panjat Tebing
  5. Cabor : Panjat Tebing
  6. Cabor : Sepak Takraw
  7. Cabor : Anggar
  8. Cabor : Anggar
  9. Cabor : Panjat Tebing
  10. Cabor : Muathay
  11. Cabor : Petanque
  12. Cabor : Panjat Tebing
  13. Cabor : Tenes

MEDALI PERUNGGU ( 18)

  1. Cabor : Sepak Takraw
  2. Cabor : Renang
  3. Cabor : Panjat Tebing
  4. Cabor : Panjat Tebing
  5. Cabor : Panjat Tebing
  6. Cabor : Petanque
  7. Cabor : Senam
  8. Cabor : Senam
  9. Cabor : Pentaque
  10. Cabor : Bilyard
  11. Cabor : Atletik
  12. Cabor : Senam
  13. Cabor : Sepatu roda
  14. Cabor : Dayung
  15. Cabor : Panjat tebing
  16. Cabor : Sepak Takraw
  17. Cabor : Catur
  18. Cabor : Kurash

Sumber: https://porprovjatim.com/

Selamat bagi para pemenang. Sampai jumpa di Porprov Jatim Ke IX Tahun 2025!

BAGIKAN