Pungkasi Refleksi, Habib Hadi Sabet Rekor MURI

2023

MAYANGAN - Panggung Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin tuntas digelar. Senin (18/12) malam menjadi hari terakhir dari rangkaian 3 hari kegiatan yang mengusung tema 5 Tahun Handal Mengabdi, 100% Tunaikan Janji. Penyanyi Indonesian Idol Salma Salsabil dan semarak kembang api melengkapi hiburan acara yang dilaksanakan di Alun-alun setempat itu.

Dua barongsai mengiringi kehadiran Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin bersama Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi. Mulai dari pintu masuk Alun-alun hingga ke tempat duduk. Tabuhan drum tambur dan simbal pengiring kesenian Tionghoa itu menarik perhatian seluruh masyarakat yang berkumpul di sekitar panggung. Berlanjut dengan penampilan kesenian angklung Suaka Kedung Galeng yang membawakan lagu irama campursari semakin menambah kemeriahan pembuka acara.

Dalam sambutannya, Wali Kota Habib Hadi mengatakan bahwa agenda refleksi yang digelar tiap tahun di masa kepemimpinannya ini adalah momen untuk menyampaikan pertanggungjawaban amanah kepada masyarakat. Salah satunya adalah pencapaian pelayanan kesehatan melalui UHC (Universal Health Coverage) untuk warga Kota Probolinggo.

“Ditahun pertama saya memimpin, di tanggal 4 September saya langsung mengikutkan program bagi masyarakat kota Probolinggo UHC, yang Alhamdulillah pada saat itu sudah 99,57% warga Kota Probolinggo tercover oleh BPJS Kesehatan dan alhamdulillah di tahun ini sudah 100% warga Kota Probolinggo, apabila ada yang membutuhkan pelayan kesehatan hanya tinggal menunjukkan KTP anda dilayaninya,,” terang Habib Hadi

Terbaru, masih terkait bidang kesehatan, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Probolinggo akan melaunching fasilitas kesehatan baru, yakni RSUD Ar Rozi. “Yang mana Insyaallah tanggal 23 Desember nanti silahkan hadir akan ada launching secara resmi pembukaan pelayanan rumah sakit Ar Rozi ” tambah orang nomor satu di Kota Probolinggo itu

Bidang pendidikan juga tak lepas dari pembangunan di era kepemimpinan Habib Hadi. Pemerintah Kota Probolinggo telah menyediakan Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) untuk menunjang fasilitas pendidikan yang lebih terjangkau bagi warganya. “Komitmen saya untuk menyediakan anggaran Bosda di bidang pendidikan, kalau hanya mengandalkan Bantuan Operasional Sekolah dari pemerintah pusat masih ada biaya pendidikan yang belum tertutupi dan orang tua siswa mau tidak mau harus tetap membayar, namun saya tidak mau seperti itu, karena saya ingin setiap orang tua yang ada di Kota Probolinggo tidak terbebani lagi untuk mengenyam pendidikan anaknya,” kata wali kota

Selain itu, Habib Hadi juga telah menambah kesejahteraan bagi pegawai pemerintah daerah, melalui gaji dan tunjangan kinerja. Dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih handal. “Karena saya yakin dengan menambah kesejahteraan bagi ASN maupun non ASN maka kinerja mereka juga akan semakin bagus dan mudah-mudahan pengabdian mereka kepada warga juga semakin tulus,” ujarnya.

Kolaborasi antara Pemkot bersama Forkopimda juga disampaikan dalam sambutan wali kota. Yakni pada sinergi pembangunan fasilitas gedung meteor dan pembentukan polisi RW. Tujuannya untuk mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat. “Selain itu tak lupa saya ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya sekali lagi kepada anggota Forkopimda, sinergitas kolaborasi sangat luar biasa. Dibidang keamanan kami bersama dengan Polres Probolinggo Kota membangun sebuah sistem yaitu adanya sistem meteor yang sudah kita bangunkan gedungnya, mudah-mudahan bisa berdampak manfaat untuk warga Kota Probolinggo dalam menjaga Kamtibmas,” katanya.

Atas seluruh pencapaian Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin selama 5 tahun memimpin Kota Probolinggo, MURI dan Jawa Pos mengganjarnya dengan penghargaan. Yakni penghargaan sebagai Wali Kota Perintis Program “Refleksi” dari Museum Rekor Dunia Indonesia serta News Of The Year 2023 dari Jawa Pos Multimedia.

Kesan dan Harapan Masyarakat

Refleksi 5 tahun kepemimpinan wali kota juga membawa kesan manis bagi salah seorang warga Kota Probolinggo, Wagito. Dirinya yang malam itu hadir sebagai undangan ketua RT mengungkapkan rasa puasnya dengan pembangunan kota. “Kalau menurut penilaian saya sangat bagus selama masa jabatan Bapak wali kota yang sekarang, kalau di Wiroborang juga bagus,” terang Ketua RT 1 RW 2 Kelurahan Wiroborang itu.

Begitupun dengan Jesika dan Ani. Penonton dari generasi milenial itu juga menyampaikan harapan bagi Kota Probolinggo selepas kepemimpinan Habib Hadi. ”Semoga semakin maju kotanya, terus Alun-alunnya juga semakin berkembang begitu,” terang dua remaja yang sengaja datang untuk menikmati kuliner di Alun-alun itu.

Sementara itu, menutup panggung refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi, penampilan energik dari penyanyi Salma Salsabil membius penonton dengan suara emasnya. Juara Indonesian Idol XII itu membawakan enam lagu spesial untuk warga Kota Probolinggo. Diantaranya, Kala Cinta Menggoda, Menghargai Kata Rindu , Cinta dan Benci, Merindukanmu, Bunga Hati dan Pudar (Rossa).

Meskipun panggung refleksi telah berakhir, namun rangkaian kegiatan Refleksi 5 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin masih akan berlanjut hingga Sabtu (23/12) nanti. (dp/qie)

BAGIKAN