Revitalisasi Satkamling Dorong Early Warning dan Cooling System di Masyarakat

2023

KANIGARAN - Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Jajaran Polres Probolinggo Kota Tahun 2023 digelar pada hari Rabu (21/6) pagi di halaman kantor Wali Kota Probolinggo. Apel yang diikuti oleh puluhan peserta dari anggota Polri, TNI dan perwakilan masyarakat ini dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) jelang pemilu 2024. Kapolres Probolinggo Kota Wadi Sa’bani beserta Sekda drg. Ninik Ira Wibawati memimpin gelaran apel tersebut.

Membacakan amanat Kapolri, Kapolresta Wadi Sa’bani mengatakan bahwa kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Yakni, sebagai upaya POLRI untuk merevitalisasi Satuan Keamanan Lingkungan (satkamling) dalam menjaga  keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Upaya revitalisasi satkamling ini, semoga dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian, terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” terang Kapolresta Wadi.

Ke depan, Wadi berharap, kehadiran Satkamling bisa menjadi garda terdepan early warning terhadap potensi kejahatan di masyarakat  Serta menjadi cooling system menjaga keamanan pada pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024. “Saya berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan,” harapnya.

Diketahui, peran satkamling sebagai pengamanan swakarsa telah diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Yakni pada  pasal 3 ayat 1 huruf c. Bahwa dalam penyelenggaraan tugas kepolisian, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

Sementara itu, hadir mewakili Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Sekda Ninik Ira Wibawati. Sekda menyampaikan, Satkamling sangatlah penting untuk meredam konflik dan menjaga kerukunan masyarakat. “Peran satkamling sangat penting untuk meredam konflik menjelang, pada saat dan pasca pemilu. Karena itulah satkamling berperan menjaga agar perbedaan itu tidak menimbulkan perselisihan sekaligus menanamkan kesepahaman,” terang Sekda Ninik.

Untuk itu, Sekda Ninik meminta kekompakan seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung upaya revitalisasi satkamling di Kota Probolinggo. “Karena itu saya meminta bantuan dan kekompakan dari RT, RW, lurah dan camat untuk mendukung penuh proses revitalisasi satkamling di wilayahnya,” pesan Ninik.

Pada apel tersebut juga diserahkan penghargaan kepada penerima juara lomba satkamling dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 yang diadakan oleh Polres Probolinggo Kota. Turut menghadiri apel, jajaran perwakilan forkopimda dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo. (dp/qie)

BAGIKAN