Ribuan Jamaah Lintas Kota Ramaikan Probolinggo Bersholawat

2023

MAYANGAN - Atmosfer berbeda terlihat di Alun-Alun Kota Probolinggo pada Kamis Malam (10/8). Ribuan orang memadati pusat Kota Probolinggo tersebut dari sisi selatan sampai utara. Mereka datang berbondong-bondong untuk menghadiri acara Probolinggo Bersholawat yang diadakan oleh Pemkot Probolinggo.

Dipandu oleh Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf, acara tersebut merupakan bagian dari Sosialisasi Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Cukai dalam rangka pemberantasan rokok ilegal.

Selain para undangan yang hadir di acara tersebut, para jamaah pengikut Habib Syech juga terlihat berkumpul di alun-alun. Syekhermania, panggilan jamaah Habib Syech, sangat antusias mendatangi giat bersholawat tersebut.

Salah satunya ada ibu Siti Khotimah, Syekhermania asal Pasuruan yang datang bersama anak, suami, dan keluarga besar lainnya, “Ini dari Pasuruan tadi sore, bawa anak-anak dan keluarga lain naik mobil. Kalau ada sholawatan kayak gini insyaallah dipastikan mesti datang asal terjangkau,” ujarnya.

Siti Khotimah juga bercerita bahwa dirinya mengetahui acara semacam ini melalui kanal media sosial Facebook yang diinfokan oleh para jemaah lainnya. Diketahui, majelis sholawat pimpinan Habib Syech yang bernama Ahbaabul Musthofa mempunyai jutaan jemaah yang menyebar di seluruh Indonesia.

Jemaah-jemaah ini berkumpul dan memiliki nama sendiri-sendiri. Selain Sekhermania, ada pula majlis sholawat lainnya yang berasal dari Nguling yakni Pemuda Bersholawat. Rangga, yang merupakan anggota majelis tersebut mengatakan bahwa dirinya dan komunitasnya sering hadir dalam acara serupa. Pada malam itu, dirinya membawa 30 orang  dari Pemuda Bersholawat.

“Kalau ada kegiatan bersholawat gini kami pasti hadir, siapapun yang ngisi. Senang aja hadir di setiap acara gini, kami ingin mencari syafaat Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi Wassalam, udah itu aja,” sumringahnya.

Selain ramainya jamaah dan para undangan yang hadir, dapat dilihat pedagang asongan pun ketiban rejeki. Seperti Hudori, pria asal Jorongan tersebut menjual tikar plastik bersyukur dengan acara tersebut, “Alhamdulillah ada acara ini, lumayan sudah menjual 30 tikar. Jualan iya, bismillah juga dapat syafaatnya Rasullullah,” syukurnya.

Untuk diketahui, Kota Probolinggo merupakan daerah pertama yang dikunjungi oleh Habib Syech. Selanjutnya, Habib Syech akan bersholawat di Kabupaten Lumajang, Kota Pasuruan, dan terakhir akan mengunjungi Kota Surabaya.

Kepala Satpol PP Kota Probolinggo, Pujo Agung Satrio yang sekaligus ketua panitia menyebutkan bahwa acara ini juga menjadi sosialisasi cukai. Dikemas dalam bentuk sholawatan, tujuannya untuk mengajak seluruh masyarakat khususnya Kota Probolinggo agar mengetahui ketentuan perundang-undangan ini. Termasuk edukasi tentang ciri-ciri, bentuk, sangsi, dan hukuman rokok ilegal,

“Selain itu ini juga sebagai tali silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat, dan pastinya untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” jelas Pujo. (sit/qie)

BAGIKAN