Sabet Emas dan Perunggu, Biliar Kota Probolinggo Butuh Atlet Perempuan

2023

SIDOARJO - Menyumbangkan satu medali emas dan satu medali perunggu membuat cabor biliar patut berbangga karena telah mengharumkan nama Kota Probolinggo. Ialah Aldri Arshavin dan Riki Ramadhan yang telah berjibaku dalam dua nomor pertandingan, yakni nine ball double putra dan eight ball double putra dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke-VIII yang di ION Pool & Cafe, Kota Mojokerto.

Sempat kewalahan melawan atlet dari Kabupaten Sidoarjo, Kota Malang, dan Kabupaten Tuban, Aldri yang merupakan siswa SMPN 1 Kota Probolinggo dan Riki harus puas membawa 1 emas dan 1 perunggu. “Awalnya memang kita targetkan bisa dapat dua emas, namun kita cukup bangga dengan hasil sekarang. Alhamdulillah bisa dapat di dua nomor tersebut,” ujar Fathoni, Ketua Pobsi (Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia) Kota Probolinggo.

Fathoni melanjutkan bahwa Kota Probolinggo mengirimkan empat atelt laki-laki dalam cabor yang juga disebut bola sodok ini. Dirinya pun mengungkapkan sulitnya menggaet atlet perempuan karena memang biliar identik dengan hal negatif. “Susahnya sosialisasi ke orang tua ya, karna imej biliar di mata orang tua negatif, Padahal sekarang yang main biliar di tempat latihan juga ada anak perempuan,” keluhnya.

Dalam pesannya melalui aplikasi pesan instan, Fathoni juga memberikan motivasi kepada anak didiknya agar terus berlatih, “Hilangkan negatif tentang biliar di Kota Probolinggo. No alcohol, no judi. no narkoba, banggakanlah tanah kelahiran, nusa bangsa, dan kedua orangtua,” tutupnya.

Seperti yang dikutip dari website kominfo.jatimprov.go.id, Cabor Biliar dalam Porprov VIII Jawa Timur tahun 2023, mempertandingkan 22 nomor dari divisi pool (single putra/ putri, double putra/ putri, dan double mix) dan divisi snooker. Cabor Biliar ini menyiapkan sebanyak 136 medali, yang terdiri dari 34 medali emas, 34 medali perak, dan 68 medali perunggu. (sit-es/qie)

BAGIKAN