Safari Ramadan, Aminah Hadi Ajak Anak Gemar Makan Ikan

2023

MAYANGAN – Pelaksanaan Safari Ramadan kali ini terasa berbeda, istri Wali Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin mengajak anak-anak disabilitas gemar makan ikan. Sasaran yang dikunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Sinar Harapan I di Jalan Mawar, Sabtu (8/4) pagi. Ada sekitar 146 anak dari sekolah tersebut ditambah 17 anak dari sekolah inklusi.

Di Kota Probolinggo, setiap tahunnya terjadi peningkatan konsumsi ikan. Setiap orang diharapkan mengonsumsi ikan 44 kg/kapita/tahun. Untuk tahun 2021, konsumsi ikan di kota mencapai 44,58 kg/kapita/tahun, sedangkan tahun 2022 baru terhitung pada November 2023 mendatang. 

Sebagai Ketua Forikan, Aminah Hadi secara kontinyu mengkampanyekan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). “Ikan salah satu sumber protein yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Untuk itu sediakan selalu menu ikan di meja makan. Sehingga mereka bisa  menjadi anak yang sehat, kuat dan cerdas,” pintanya.

Menurutnya, anak merupakan aset dalam mewujudkan pembangunan bangsa. Keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus ini membutuhkan bimbingan dan penanganan yang berbeda. Karena itu Aminah Hadi mengapresiasi para guru yang mendidiknya, sehingga mereka memiliki potensi yang tidak kalah dengan anak lainnya.

“Saya sangat bahagia bisa bertemu dan berbaur dengan mereka. Meski anak-anak ini berbeda, namun dengan penanganan yang tepat mereka juga bisa menjadi anak-anak yang hebat. Tetap semangat ya! Khususnya para orang tua yang dititipi Allah SWT amanah seperti mereka,”ujarnya memotivasi wali murid disana.

Dalam kesempatan itu Aminah Hadi dan Pengurus Forikan Kota Probolinggo disuguhi berbagai atraksi dari siswa SLB Sinar Harapan I dan III. Diantaranya, mengaji Al Qurán braile, bersholawat, senam gemar makan ikan, menari dan bernyanyi. Termasuk dorprize dibagikan bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan. 

Secara simbolis juga diserahkan bingkisan yang berisi ikan asap, aneka olahan ikan, sayuran serta makanan yang sehat dan bergizi. Untuk tanaman sayur yang dibagikan sebagai sarana edukasi kepada anak-anak untuk menanam di sekolah dan cinta lingkungan.

Sementara itu salah satu orang tua dari siswa SLB,  Rohmatul Amaliah merasa senang dengan kehadiran Aminah Hadi. “Saya terharu melihat ketulusan dan rasa sayang bunda Aminah kepada anak-anak disini. Terlihat dengan senyumnya saat berbaur dan bernyanyi bersama tadi. Semoga bisa lebih sering diperhatikan dan dikunjungi, karena itu menjadi motivasi tersendiri bagi kami semua,” ujarnya. (yul/fa) 

BAGIKAN