Sambangi SLB, Habib Hadi Ingin Dengar Kebutuhan Siswa Istimewa

2023

MAYANGAN - Wali Kota Probolinggo memberi kejutan manis pada anak didik, wali murid dan dewan guru SLB Sinar Harapan 1, Kota Probolinggo. Tiba-tiba orang nomor 1 di Kota Mangga itu menyambangi sekolah yang ada di Jl Mawar, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan itu.

Rupanya Habib Hadi ingin mendengar apa kebutuhan wali murid dari anak-anak istimewa ini. Juga mendengar apa kebutuhan karyawan dan tenaga pendidik di sekolah yang sama. “Ayo sini ibu-ibu kumpul, kira-kira butuh apa untuk anak-anaknya?” tanyanya pada Kamis (7/9) pagi.

Spontan pertanyaan itu dijawab dengan beragam kebutuhan. Mereka malah berebut menjawab, hingga Kepala Sekolah SLB Sinar Harapan I Holifah meminta wali murid bicara bergantian. “Ini pak wali, tolong layanan terapi okupasi ditambah biar lengkap. Jadi kami gak perlu jauh-jauh ke luar kota,” ucap salah satu wali murid.

Ada juga yang meminta ditambah fasilitas berupa alat, agar anaknya bisa belajar lebih lengkap. “Apa lagi?” tanya Habib Hadi lagi.

Kesempatan itu, menurut Bertha, salah satu wali murid, merupakan hal yang langka. Ia senang Wali Kota Probolinggo bisa datang berkunjung ke SLB. “Saya mengawasi cucu saya yang merupakan atlet renang dengan tuna rungu dan tuna wicara. Tadi saya ketemu Pak Wali, senang mengeluarkan uneg-uneg. Tidak apa-apa meskipun misalnya yang saya minta tidak dikabulkan semuanya tapi setidaknya Pak Wali tahu apa kebutuhan siswa dan orang tua di sini,” ujarnya.

Usai mendengar aspirasi wali murid, Habib Hadi yang ditemani sejumlah kepala dinas, menyambangi anak-anak penyandang disabilitas di kelasnya. Di sana Bapak empat orang anak ini memberikan semangat dan mengajak mereka bermain. “Ayo coba siapa yang bisa menyapa Pak Wali? Ayo dicoba, Pak Waaaliii,” ujar seorang guru yang mencoba menuntun anak anak istimewa itu menyapa Habib Hadi.

Usai menyambangi kelas, Habib Hadi mengadakan rapat kecil dengan sejumlah Kepala OPD yang datang, seperti Kepala Dinas Kesehatan dr Nurul Hasanah Hidayati dan Kepala Dinas Pendidikan Siti Romlah. Memastikan permintaan wali murid SLB Sinar Harapan 1 ini bisa segera dipenuhi.

Sementara itu, Holifah, Kepsek Sinar Harapan 1 mengaku berterima kasih atas kehadiran Bapak Wali Kota Probolinggo. “Kehadiran beliau bisa memberikan motivasi dan semangat bagi kami guru-guru. Dan tentunya untuk anak-anak bisa memberikan suntikan semangat dan kebahagiaan karena disambangi Pak Wali,” pungkasnya. (qie/uby)

BAGIKAN