Sapa Warga, Habib Hadi dan Forkopimda Pantau Sejumlah Jalan yang Selesai Diperbaiki

2023

KADEMANGAN - Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin kembali berkeliling menyapa warga secara langsung. Kali ini, mereka yang mendapat kunjungan adalah warga yang terdampak perbaikan jalan di sekitar rumahnya. Baik perbaikan jalan aspal, gorong-gorong maupun pemasangan paving 3D.

Titik pertama dalam kunjungan Wali Kota Habib Hadi adalah Jalan Kerinci yang selama dua tahun terakhir dikeluhkan warga karena tak kunjung diperbaiki. “Jalan ini sudah masuk proses lelang dua kali. Jadi ketika ada laporan dari warga kalau jalannya rusak, dinas langsung bergerak melakukan proses lelang. Namun setelah pemenangnya dapat, mereka malah tidak mengerjakan,” cerita Habib Hadi

Pemkot Probolinggo melalui Dinas PUPR Perkim pun sudah berupaya maksimal memperbaiki jalan sepanjang 2 kilometer tersebut. Sayangnya, dua kali proses lelang, dua kali pula kontraktor gagal mengaspal jalan dengan berbagai kendala internal. “Jadi bukan salahnya pemkot. Mereka yang gagal melaksanakan proyek. Padahal kita sudah siap. Akhirnya yang terakhir ini kemudian sanggup mengaspal jalan ini,” tambah Habib Hadi.

Dengan selesainya pengaspalan Jalan Kerinci, Habib berharap warga sekitar bisa berkendara lebih nyaman. Terlebih sudah ada pemukiman baru di jalan tersebut.

Usai meninjau Jalan Kerinci, Wali Kota yang datang bersama rombongan anggota Forkopimda, Asisten, Staf Ahli dan sejumlah kepala perangkat daerah itu bergerak ke lingkungan Triwung Lor, tepatnya jalan Merbabu. Di sana, sejumlah gang mendapat perbaikan paving. Wali Kota Habib Hadi, Kapolresta AKBP Wadi Sa’bani dan Dandim Letkol Arm Heri Budiasto pun berbincang santai dengan warga sekitar. “Enak jalannya ya, sudah rapi. Dijaga dan dirawat,” ujar Dandim Heri.

Setelahnya, rombongan bergerak ke Jalan Jambu dan Jalan Anggrek di Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Kedopok. Di sana, rombongan sudah disambut sejumlah perwakilan warga. Salah satunya Eko, seorang tokoh masyarakat setempat. Eko mengatakan, perbaikan jalan ini memberi dampak positif bagi warga setempat. “Selain itu, kami juga berterimakasih atas perbaikan dari Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dilakukan pemkot,” pungkasnya.

Selain Eko, hadir pula Siti Hofsah, Ketua RT 5 RW 6 yang mengucapkan rasa syukurnya karena Habib Hadi melalui Dinas PUPR Perkim memperbaiki jalan yang kerap digunakan warga untuk mencari nafkah. “Di sini banyak mlijo pak, mereka setiap hari melewati jalan ini untuk pergi ke pasar. Berangkatnya jam 1 dini hari. Dengan adanya perbaikan ini, mereka jalannya semakin deras (cepat, Red.),” ujarnya yang spontan membuat hadirin tergelak.

Siti tulus berterimakasih kepada Habib Hadi atas apa yang dilakukan untuk RT, RW, dan masyarakat setempat. “Ini kalau hujan sering banjir Pak Wali. Sekarang sudah tidak, mungkin nanti kalau bisa ditambah dengan lampu yang anti maling. Di sini sama dinas sudah diberi lampu, tapi malingnya pinter. Kalau bisa, dipasangi lampu yang ga bisa diambil maling,” ujarnya penuh harap.

Wali kota pun secara tersurat mengatakan akan melihat lampu seperti apa yang cocok untuk daerah di sekitar lingkungan Ibu Siti. Usai berdialog, Habib Hadi lantas memotong tumpeng, dengan potongan pertama diberikan kepada Ibu Siti.

Sementara itu, Dandim Heri yang didapuk memberikan sambutan berpesan kepada warga bahwa upaya yang dilakukan jajaran pemerintah ini dilakukan untuk warganya. “Agar warganya ini lebih sejahtera tentunya,” ujarnya.

Selesai di Jalan Jambu, rombongan lantas meninjau peningkatan kapasitas jalan di dalam kompleks GOR Kedopok yang kini ditingkatkan kualitasnya untuk trek balapan motor. Kapolresta Wadi Sa’bani pun mengapresiasi langkah ini, dan berharap balapan liar berkurang. “Treknya sudah ada, semoga balapan liar berkurang karena bisa memanfaatkan trek ini untuk ajang latihan,” ujarnya.

Suasana GOR Kedopok pun langsung ramai dengan raungan knalpot, seusai Kapolresta memberikan sambutan. Sebab sejumlah atlet balap asal Kota Probolinggo langsung unjuk kebolehan, dengan menjajal lintasan dan dilepas secara langsung oleh Wali Kota Habib Hadi. Para pembalap cilik itu, satu demi satu melahap sirkuit mini di GOR Kedopok ini dan berkeliling sekira 7 putaran. Mengakhiri lawatan siang itu, Habib Hadi dan rombongan melihat dua ruas gang yang dipaving 3D di wilayah Kelurahan Mangunharjo dan dilanjutkan dengan peresmian beroperasinya kembali MPP di Gedung Hayam Wuruk, di Jl Basuki Rahmat, kota setempat. (yul/qie)

BAGIKAN