Semarakkan Hari Jadi ke-664, Ratusan Masyarakat Ikuti Gowes Bareng Wali Kota Probolinggo

2023

MAYANGAN — Ratusan masyarakat berbaris rapi dengan menyangga sepeda kayuhnya di depan Kantor Wali Kota Probolinggo, Jumat (8-9) pagi sekira pukul 06.00. Mereka mengikuti gowes bareng Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dalam rangka Hadipro ke-664.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota drg. Ninik Ira Wibawati, dan para kepala perangkat daerah. Juga jajaran TNI/Polri serta komunitas gowes di Kota Probolinggo. Dengan titik start di depan Kantor Wali Kota Probolinggo dan finish di alun-alun, pecinta gowes menyusuri rute sepanjang 8 kilometer dengan melewati sejumlah taman kota dan infrastruktur yang menjadi kebanggaan warga Kota Probolinggo.

Tidak hanya sekedar gowes yang memberikan kesehatan lahir dan batin, kegiatan ini dimanfaatkan Wali Kota untuk menyapa warga Kota Probolinggo di setiap rute yang dilewatinya. Beberapa warga  juga tanpa segan dan malu langsung menyapa atau melambaikan tangan kepada wali kota dan rombongan gowes.

Sesampainya di finish alun-alun, wali kota dan forkopimda langsung mendatangi sejumlah warga yang sedang melaksanakan kegiatan senam kebugaran. Layaknya seorang idola, kehadiran wali kota membuat suasana menjadi semakin seru dan ramai. Hingga warga berebutan untuk menyapa dan berfoto bersama wali kota dan forkopimda.

“Alhamdulillah hari ini saya bersama forkopimda melakukan aktivitas gowes dan tadi sampai di alun-alun kami melihat ada komunitas yang sedang senam. Jadi kita bergabung bersama untuk senam. Untuk menjaga kesehatan memang harus tergugah dari diri sendiri, suatu hal yang harus kita budayakan, apabila kita ingin sehat jangan lupakan olahraga. Kalau warganya sehat, olahraganya rutin, maka ikut serta dalam membangun Kota Probolinggo, saya yakin akan bisa,” terang wali kota.

Ditemui di sela acara, Ketua Panitia Hari Jadi ke-644 Kota Probolinggo Wawan Soegyantono mengatakan kegiatan gowes bareng wali kota merupakan serangkaian kegiatan HadiPro yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 1-10 September mendatang. Gowes menjadi salah satu hal yang menunjukkan kebersamaan dan kekompakan dari semua pihak.

“Selain membuat badan lebih sehat. Kegiatan ini bisa menghasilkan sesuatu yang lebih komprehensif, yaitu kebersamaan dan kekompakan. Tidak hanya di lingkup komunitas gowes tapi semuanya, masyarakat Kota Probolinggo bisa ikut merasakan kebersamaan di dalam merayakan HadiPro ke-664,”ujarnya.

Wawan menambahkan, tak dipungkiri akibat pandemi covid-19 selama 2 tahun, pertumbuhan ekonomi di Kota Probolinggo mengalami penurunan. Sehingga di gelaran HadiPro tahun 2023 kali ini, Pemerintah Kota Probolinggo menjadikan momen ini sebagai wahana untuk mengenalkan hasil pembangunan dan sejumlah kegiatan-kegiatan yang dapat menggerakkan animo dan roda perekonomian masyarakat.

“Dengan kegiatan seperti ini, perputaran ekonomi sudah berjalan. Ketika pandemi covid-19, pertumbuhan ekonomi kita minus, sekarang sudah bisa mencapai plus, melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Jatim. Ini menjadi kebanggaan kita, mampu memajukan UMKM di Kota Probolinggo,” tutupnya.

Gowes bareng Wali Kota Probolinggo ini juga dimeriahkan dengan doorprize, yang hadiah utamanya terdiri dari sepeda gunung, mesin cuci, kulkas dan beberapa hadiah hiburan lainnya. (mir/qie)

BAGIKAN