Tabligh Akbar Ramadan Sukses Digelar di Kota Probolinggo

2023

MAYANGAN - Tepat pukul 21.00 WIB, usai melaksanakan ibadah tarawih dan tadarus, warga Kota Probolinggo kembali dihibur dengan suguhan religi dari MNC Media, di hari ke 3 Ramadan 1444 H (25/3).

Kali ini Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin datang didampingi anggota forkopimda. Mulai dari Dandim 0820 Probolinggo Heri Budiasto, Kapolresta Wadi Sa'bani, Ketua DPRD Abdul Mujib, dan sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo.

Sejumlah penampil pun berhasil memukau dan menyihir masyarakat yang haus akan hiburan itu. Sebut saja Noe Letto, Gus Azmi Syubanil Muslimin, Fuad Naim dan Wahid yang malam tadi didapuk mengisi sesi hiburan giat yang dipandu host kenamaan David Chalik dan Zee Zee Shahab itu.

Ditemui awak media, Wali Kota Habib Hadi mengucap syukur atas kesempatan ini. Ia pun berharap dengan menghadirkan diri ke majelis ini, banyak manfaat yang akan bisa didapat, khususnya bagi warga kota yang hadir ke Alun-alun kota.

"Alhamdulillah, ya. Tentunya kita patut bersyukur, di malam Minggu Ramadan ini kita (menyaksikan) tabligh akbar. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa manfaat, khususnya bagi warga Kota Probolinggo," katanya.

Menyinggung ramainya antusias warga yang memanfaatkan fasilitas di jantung kota ini, sebagai jujugan menikmati akhir pekan pasca berbuka puasa ramadan bersama keluarga, Habib Hadi menegaskan bahwa ia terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Namun demikian, upaya itu akan terasa tidak maksimal apabila tidak didukung dengan kedisiplinan tinggi dari warganya.

Untuk itu, Habib Hadi pun tak bosan mengingatkan masyarakat yang hadir, untuk terus menjaga ketertiban dan kerukunan, terutama selama acara ini berlangsung.

"Jaga ketertiban dan kerukunan. Kita tunjukkan bahwa kita sebagai tuan rumah, bisa memberikan (contoh) yang terbaik," tegasnya.

Bahkan, ia mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini akan terus diupayakan terselenggara di tahun-tahun mendatang selama kepemimpinannya, asal masyarakat turut serta berpartisipasi mendukungnya.

"Event-event besar seperti akan terus kami selenggarakan asal masyarakatnya tertib, disiplin dan kompak," pungkasnya.

Tabligh akbar menghadirkan tausiah agama yang dibawakan oleh Tuan Guru Bajang (TGB) semalam pun, sukses menyedot perhatian.

Dalam tausiahnya, TGB mengatakan bahwa dalam seni ada keindahan, dan Islam itu indah. Keindahan itu hadir serta mampu dituangkan dalam suatu lirik dari alunan musik yang didalamnya insyaallah terdapat keberkahan. Seperti penggalan demi penggalan lirik yang dibawakan oleh Noe Letto dan sholawat dari Gus Azmi Syubanil Muslimin malam itu, yang mana inspirasinya datang dari ayat-ayat suci Alquran.

“Allah SWT itu indah dan mencintai keindahan. Keindahan yang tertuang dalam lirik musik dan lantunan sholawat itulah yang didalamnya ada ibadah dan mengandung berkah,” ujarnya.

TGB juga mengingatkan masyarakat agar amalan-amalan baik dan indah yang sudah dilakukan di momen Ramadan ini, senantiasa diteruskan di kehidupan mendatang, khususnya membaca Alqur’an. Karena, lanjutnya, salah satu keistimewaan bulan Ramadan adalah dengan turunnya Alqur’an. Sehingga setiap umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa.

“Baca Alquran sehari-hari. Jangan pernah lepas Alquran. In sya’Allah sebulan kita bisa khatam Alqur’an ,” tandasnya.

Holifa, warga asal Blok Dawuhan Kelurahan Wonoasih, mengaku senang atas sajian yang bisa ia nikmati bersama dengan keluarga kecilnya.

"Senang. Jarang-jarang kan ada acara seperti ini, apalagi pas puasaan begini. Alhamdulillah semoga kedatangan kami (ke majelis tabligh di Alun-alun) kali ini juga bernilai ibadah, seperti yang disampaikan ustaz dalam tausiahnya," ujarnya. Sebelum menuju tenda Tabligh Akbar, Wali Kota Habib Hadi bersama kapolres dan dandim menyapa warga yang sedang berada di Alun-alun sambil menikmati fasilitas yang ada. (es/fa)

 

BAGIKAN