Tasyakuran Hari Koperasi Ke-76, Wali Kota Harap Koperasi Siap Sambut Digitalisasi

2023

MAYANGAN – Hari Koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli lalu diperingati dengan beberapa rangkaian acara di wilayah Kota Probolinggo. Puncak acara Hari Koperasi ditutup dengan giat tasyakuran yang dilaksanakan pada Selasa (8/8).

Acara yang dilaksanakan di Halaman Gedung Dekranasda tersebut dibuka oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dan dihadiri oleh Jajaran Forkopimda, Sekretarias Daerah, para Asisten, Staf Ahli, seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkot Probolinggo, dan para pengurus Koperasi se-Kota Probolinggo.

Yayuk Setyawati selaku ketua panitia rangkaian Hari Koperasi 2023 mengatakan tasyakuran diadakan sebagai bentuk rasa syukur gerakan koperasi dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023. “Selain itu juga ialah sebagai tempat bertemu dan bersilaturahmi,” ujarnya.

Bentuk rasa syukur pada peringatan Hari Koperasi ini salah satunya ialah dengan memberikan santunan kepada 50 anak yatim se-Kota Probolinggo. Selain itu, pemotongan tumpeng juga tak lupa menjadi acara inti pada giat siang hari itu.

Wali Kota yang hadir dengan menggunakan seragam kekinya juga memberikan arahan kepada Pengurus Koperasi yang hadir. “Tentunya koperasi Kota Probolinggo harus melakukan sesuatu yang terbaik untuk memberikan citra dan kepercayaan. Harus dari kita sendiri dulu menunjukkan komitmen luar biasa yang harus terus ditingkatkan,” pesan Habib Hadi.

Lebih lanjut, walikota berharap koperasi agar lebih siap di era digital ini. “Buat koperasi sekolah ya, harus lebih dikembangkan perkoperasian di tingkat sekolah. Jangan sampai kita kalah dengan perkembangan luar sehingga masih tetap seperti sekarang ini tanpa menyiapkan digitalisasi, saya berharap Perangkat Daerah terkait untuk terus mengawal,” harapnya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Koperasi 2023 dimulai pada tanggal 24 Juli lalu yakni menghadiri acara gebyar acara puncak Hari Koperasi Provinsi Jawa Timur, selanjutnya mengadakan Lomba Orasi dan Yel-Yel Perkoperasian tingkat SMA Sederajat se-Kota Probolinggo pada 26 Juli lalu. Selanjutnya pegiat koperasi kota setempat mengikuti Pameran Hari Koperasi KUMKM Provinsi Jatim 25-27 Juli lalu dan mengadakan donor darah untuk koperasi dan masyarakat umum yang dilaksanakan juga pada hari Selasa (8/8).

Dalam giat tersebut juga diberikan hadiah bagi para pemenang Lomba Orasi dan Lomba Yel-Yel Perkoperasian yakni berupa uang pembinaan dan piala penghargaan. (sit/qie)

Pemenang Lomba Orasi

Juara I – Siti Khotijah dari SMA Negeri 1 Kota Probolinggo
Juara II – Ahmad Yaudam dari SMA Negeri 4 Kota probolinggo
Juara III – Aimar Fitra dari SMA Negeri 1 Kota Probolinggo
Juara Harapan I – Dafa Zaneta dari SMA Negeri 4 Kota Probolinggo
Juara harapan II – Anindya Devi Kurnia dari SMA Negeri 1 Kota Probolinggo

Pemenang Lomba Yel-Yel

Favorit I – SMA Negeri 4 Kota Probolinggo
Favorit II – SMA Raudhatul Malikiyah
BAGIKAN