Tingkatkan Keimanan dan Persaudaraan di Safari Ramadan

2023

MAYANGAN - Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo kembali gelar Safari Ramadan, kali ini giliran wilayah Kecamatan Mayangan. Agenda dipusatkan di Aula Kantor Kelurahan Mangunharjo, Senin (10/4) pagi. Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin hadir ditengah ratusan kader PKK dan anggota pengajian setempat. 

Diungkapkan oleh Ketua Pokja 1 TP PKK Jeti Ernawati, Safari Ramadan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan menggalang persaudaraan diantara sesama anggota. Selain itu menurut Jeti, dibandingkan tahun sebelumnya, Safari Ramadan tahun ini digelar bertahap di 5 tempat. Harapannya agar dapat menjangkau lebih banyak peserta. 

“Yang dulu kan di tempatkan di rumah dinas tempatnya juga terbatas hanya sekitar 200 (orang), tapi dengan kita ke masing-masing ini, kita bisa menjangkau sasaran yang lebih besar, karena masing-masing kecamatan, itu 150 (orang) tahun ini, jadi totalnya kan 750 (orang),” ungkap Jeti.

Safari Ramadan yang dikemas dalam acara Pondok Ramadan ini mengusung tema "Semangat Ramadan 1444 H / 2023 M, Menguatkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah". Diawali dengan Khatmil Quran dilanjutkan dengan istigasah, tausiyah oleh Ustazah Raguan Assegaf, diskusi dan tanya jawab serta diakhiri dengan salat Zuhur berjamaah.

Dalam ceramahnya, Ustazah Raguan menyampaikan nasihat kepada jemaah untuk selalu merutinkan membaca Al Qur’an sebagai wujud rasa cinta kepada Allah SWT. “Untuk meraih cinta Allah adalah dengan membaca Al Qur’an, tanda-tanda orang yang cinta kepada Allah adalah banyak membaca Al Qur’an,” katanya. 

Berikutnya, ustazah yang berasal dari Kraksaan itu juga menjelaskan berbagai keistimewaan ibadah di bulan Ramadan. Beberapa diantaranya adalah kemudahan mendapatkan ampunan melalui dzikir serta dikabulkan doa-doa oleh Allah SWT. 

“Bu, siapa yang berzikir kepada Allah di bulan Ramadan, dia akan mendapatkan pengampunan kemudian dikatakan lagi, siapa yang memohon kepada Allah di bulan Ramadan, yang minta kepada Allah di bulan Ramadan, maka ini tidak akan kecewa,” tambahnya. 

Diketahui Safari Ramadhan sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa tempat, antara lain di Kelurahan Jrebeng Kidul Kecamatan Wonoasih, Pendapa Kecamatan Kedopok dan di Pondok Pesantren Roudlotul Malikiyah Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan. (dp/fa) 

BAGIKAN