Tingkatkan Nasionalisme, Pemkot Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

2023

Kanigaran – Pemerintah Kota Probolinggo melalui Kesbangpol gelar apel pembagian bendera merah putih kepada masyarakat, Jumat pagi (4/8). Sejumlah  3.672 buah bendera terkumpul, yang berasal dari ASN di lingkungan Pemkot, perusahaan, BUMN, BUMD, parpol dan pertokoan.

Kegiatan ini merupakan program nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Dengan harapan bisa meningkatkan nasionalisme di kalangan masyarakat, mengingat saat ini pemahaman dan kesadaran masyarakat semakin luntur dalam mengenal sejarah perjuangan memperebutkan kemerdekaan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bakesbangpol Muhammad Sonhadji, saat membacakan laporan di halaman pemkot.

“Hasil  pengumpulan  bendera  tersebut  akan dibagikan kepada masyarakat Kota Probolinggo untuk dikibarkan mulai tanggal 1 sampai dengan 31 agustus 2023. Khususnya bagi masyarakat yang belum mempunyai bendera. Selain itu hari ini sejumlah 74 siswa, putra dan putri yang dinyatakan lolos seleksi Paskibraka mengikuti pendidikan dan pelatihan mulai tanggal 7 – 16 Agustus,” ujarnya.

Sementara itu sambutan wali kota dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo. “Saya mengapresiapasi dan mendukung program ini. Yaitu gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih. Semoga bisa mengedukasi, menumbuhkan rasa patriotisme dan membangkitkan nasionalisme di kalangan Masyarakat,” harapnya.
 
Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang teah berpartisipasi mendukung kegiatan ini. “Bagi para camat, lurah, ketua rt/rw agar bersinergi dengan 3 pilar untuk memberikan edukasi sekaligus membagikan bendera merah putih kepada warga. Khususnya yang belum memasang bendera merah putih di depan rumahnya,”pesannya. 

Sedangkan bagi siswa yang terpilih dan mengikuti diklat, Gogol meminta mereka mengikuti arahan dan bimbingan dari pelatih dengan penuh disiplin. “Jaga kesehatan dan selamat berlatih, dengan semangat  mensukseskan pelaksanaan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya di Kota Probolinggo. Kepada tim pelatih, saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan ilmu yang ditularkan berguna bagi bangsa dan negara,”pungkasnya.

Usai apel, Gogol menyerahkan bendera secara simbolis kepada 5 camat, kemudian akan dibagikan kepada masyarakat yang belum mempunyai bendera melalui lurah/ketua rt/ rw di lingkungan masing-masing. Sebagian pengendara motor, sepeda, abang becak yang melintas di depan kantor pemkot juga kebagian bendera gratis. (yul/qie) 

BAGIKAN