Turnamen U-45 Kembali Digelar, Tim Sepak Bola Kelurahan Berebut Wali Kota Cup 2023

2023

MAYANGAN - Kompetisi sepak bola usia 45 antarkelurahan kembali digelar mulai Minggu (23/7) di Stadion Bayuangga, Kota Probolinggo. Sebanyak 29 tim berlaga dan memperebutkan Wali Kota Cup Tahun 2023. Dalam pembukaan turnamen ini, Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Fajar Purnomo mengatakan, liga U45 ini digelar sebagai program pemberdayaan olahraga masyarakat khususnya sepak bola.

“Tujuannya untuk meningkatkan pembangunan olahraga di Kota Probolinggo. Sebagaimana pencanangan Gubernur Jawa Timur, Jatim Seger, senang gerak. Harapanya dengan kegiatan ini masyarakat khususnya pra lanjut usia akan bisa bergerak, berolahraga dan membentuk kebugaran di masyarakat khususnya Kota Probolinggo,” ucapnya.

Fajar yang saat itu mewakili Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, dengan digelarnya kompetisi sepakbola U45 antarkelurahan menjadi bukti bahwa pemerintah mendukung dan berupaya membangkitkan kembali kecintaan masyarakat akan sepak bola di Kota Probolinggo. Ia pun berpesan pada segenap pemain yang berusia rata-rata 45 tahun itu untuk bermain semampunya. “Saya mengimbau untuk bermain fair play dan junjung sportifitas. Jangan ada gesekan  atau tindakan anarkis lainnya dan yang tidak kalah pentingnya karena usia peserta rata-rata sudah 45 tahun saya harap untuk bermain semampunya. Jangan memaksa apalagi dalam kondisi kebugaran yang kurang maksimal,” pesannya.

Mengawali jalannya pertandingan, sepakan pertama dilakukan oleh Ketua PSSI Kota Probolinggo Eko Purwanto yang diumpankan kepada Ketua KONI Rahardian Juniardi pada pukul 15.00 WIB. Ini sekaligus sebagai tanda telah dimulainya Turnamen Sepak Bola U-45. Selanjutnya pertandingan pertama ini mempertemukan tim dari Kelurahan Sumber Taman melawan Kelurahan Jrebeng Kidul.

Sepuluh menit dari kick off babak pertama, Kelurahan Sumber Taman berhasil mengungguli Kelurahan Jrebeng Kidul melalui gol dari pemain bernomor punggung 7, Didik Setyo. Pertandingan pun berjalan lebih seru karena dua tim saling berbalas serangan. Pada menit ke 21 Kelurahan Jrebeng Kidul berhasil menyamakan kedudukan dengan gol apik dari pemain nomor punggung 9, Zainuri ke gawang Kelurahan Sumber Taman.

Pertandingan semakin seru saat tiga menit kemudian, tim Kleurahan Sumber Taman kembali membobol gawang Kelurahan Jrebeng Kidul berkat aksi dari Abdul Munir, pemain bernomor punggung 12.
Pada babak kedua, tidak tercipta satu pun gol dari kedua tim, hingga peluit panjang ditiup pertanda pertandingan usai. Pertandingan pun dimenangkan oleh Kelurahan Sumber Taman dengan skor 2-1. Pertandingan berikutnya antara Kelurahan Kademangan dan Kelurahan Jrebeng Lor, berhasil dimenangkan Kelurahan Kademangan dengan skor 4-1 atas Kelurahan Jrebeng Lor. (dy/qie) 

BAGIKAN