Uniknya Perayaan HSP di Kademangan, Diwarnai Mendongeng dan Pemberian Makanan Sehat

2023

KADEMANGAN - Tim Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berencana (KB) Kelurahan Kademangan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda (HSP) dengan menggelar giat yang bertema “Dengan Mencegah Stunting, Bersama Kita Memajukan Indonesia”.

Giat tersebut dilaksanakan pada hari Minggu (29/10) Pagi sekaligus hari libur bagi kebanyakan warga. Adapun beberapa kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat sosialisasi antar warga dan untuk menjaga kesehatan warga Kelurahan Kademangan, Tim Pokja KB juga mengadakan Senam Sehat. Kegiatan-kegiatan lainnya selain Senam Sehat ialah Donor Darah, Dapur Dahsyat, Kelas Balita, dan Posbindu.

Ahmad Kholik, ketua panitia acara tersebut menjelaskan bahwa giat yang digelar pagi hari tersebut merupakan akumulasi dari giat-giat yang ada. “Sebenarnya, donor darah diadakan dua bulan sekali, dan jatuh tepat bulan ini. Pemberian PMT Lokal, posyandunya juga kebetulan bulan ini, nah dipililah hari yang pas yakni Sumpah Pemuda, kita jadikan satu. Giat sosial dan kesehatannya juga ada. Alhamdulillah, tim Pokja Kampung KB pun bekerja sama menyiapkan ini semua dan lebih bersyukur lagi bisa dihadiri langsung oleh ibu Ketua TP PKK Kota Probolinggo,” jelas Ahmad Kholid yang senang mengetahui istri Wali Kota meramaikan acara tersebut.

Acara tersebut terbilang cukup berbeda karena diadakan  di IPAL Komunal Kelurahan Kademangan. Ahmad Kholik menjelaskan bahwa IPAL identik dengan limbah, namun dirinya dengan bangga menyebut IPAL Komunal milik Kelurahan Kademangan Unik. Dihiasi dengan gambar 3D dan menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpulnya warga, “Iya IPAL disini menjadi tempat berkumpulnya warga, setiap malam, warga  berdiskusi disini,” imbuhnya.

Kedatangan Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi menjadi daya tarik sendiri di acara ini, terlihat Bunda Aminah sangat senang mendongeng bersama beberapa balita di Kelas Balita, bahkan mengajak anak-anak tersebut untuk berdoa sebelum makan.

Selain Kelas Balita, istri Wali Kota Probolinggo tersebut juga memantau lokasi donor darah dan posbindu, bahkan dirinya pun juga bergabung untuk medical check-up.

“Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi untuk kegiatan seperti ini bagus sekali ya, saya tadi melihat juga ada edukasi mendongeng untuk anak-anak, karena penting untuk anak-anak. Selain itu juga ada pemberian makanan sehat, smoothie Sawi dan Tape yang diambil dari Taman Hatinya PKK. Luar Biasa sekali. Apresiasi saya untuk warga yang saling memikirkan untuk warga-warga lainnya,” kesannya.

“Ada juga Posbindu dan Donor Darah ya, semoga banyak yang mendonorkan darahnya, karena itu membuat sehat dan penting untuk masyarakat yang membutuhkan. Tadi juga ikutan check-up, mumpung ada yam jadi sekalian,” ucapnya mengakhiri. (sit/qie)

BAGIKAN