Wujudkan Komitmen Bersama di Puncak Peringatan HPN Tahun 2023

2023

KADEMANGAN - Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Pantai Permata Pilang, Kamis (9/3) pagi. Empat organisasi pers terlibat dalam kegiatan ini yaitu PWI Probolinggo Raya, Jispro (Jurnalis Probolinggo), AWPR (Aliansi Wartawan Probolinggo Raya) dan F Wamipro (Forum Wartawan Mingguan Probolinggo).

“Kegiatan ini bertujuan untuk merawat sinergi yang telah terjalin baik dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama mengawal program pembangunan di Kota/Kabupaten Probolinggo. Peran pers sangat krusial dalam sebuah pesta demokrasi atau pemilihan umum, sehingga seluruh insan pers khususnya yang bertugas di Probolinggo berkomitmen melawan hoaks di tahun politik,” ujar Ketua Panitia, Amelia Subandi dalam laporannya.

Amel-sapaan akrabnya juga menjelaskan serangkaian kegiatan telah digelar dalam memperingati HPN tahun 2023 yang telah digelar pada Februari. Seperti kegiatan PWI Probolinggo Raya mulai dari sedekah nasi bungkus bersama Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, donor darah dan vaksin booster untuk masyarakat umum bersama Dinkes P2KB dan PMI, futsal PWI cup tingkat pelajar SMP Kota/Kabupaten Probolinggo dan dilanjutkan dengan pertandingan eksibisi futsal forkopimda Kota Probolinggo melawan jurnalis, lomba cerpen tingkat pelajar SMP-SMA Kota/Kabupaten Probolinggo yang diikuti 165 pelajar. Kemudian AWPR melakukan peresmian sekretariat AWPR dan tasyakuran HPN oleh F-Wamipro.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi kepada banyak pihak yang telah mendukung kegiatan kami dalam rangka peringatan HPN 2023 dan HUT PWI ke 77. Semoga kita bersama-sama dapat menjalankan tema HPN 2023 yakni mewujudkan pers yang bebas serta menciptakan demokrasi yang bermartabat,” urainya.

Dalam puncak peringatan HPN tahun 2023 juga dilakukan penandatangan komitmen bersama antara Pemerintah Kota dan Kabupaten Probolinggo dengan ketua organisasi dan forkopimda kota/kabupaten Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers serta menyampaikan apresiasi atas perannya bagi negara khususnya bagi Kota dan Kabupaten Probolinggo. Pada peringatan HPN tahun 2023 yang mengusung tema “Pers Bebas Demokrasi Bermartabat”, ia berpesan agar insan pers berkomitmen menjaga kode etik jurnalistik dan proses kerja jurnalistik yang harus diimplementasikan saat menjalankan tugas sehari-hari. Karena informasi pemberitaan yang dibagikan sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakat.

“Kerap juga saya sampaikan, agar teman-teman wartawan menjadi filter dalam penyampaian informasi yang berbau SARA dan hoaks. Jika ini tidak dilakukan, maka akan mencederai marwah pers itu sendiri. Mudah-mudahan hal semacam ini tidak terjadi di Kota dan Kabupaten Probolinggo,” ujar Habib Hadi dalam acara yang dihadiri forkopimda kota dan kabupaten ini.

Pers memiliki peran yang sangat kuat dalam pilar keempat demokrasi yang dapat mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif. “Saya menyampaikan terima kasih atas kerja sama teman-teman selama ini dalam pemberitaan khususnya di wilayah Pemkot Probolinggo. Kekurangan-kekurangan yang ada kita perbaiki untuk ditata kembali ke depan agar lebih baik,” ucap wali kota.

Mengutip pesan Presiden Joko Widodo, awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan dan inovasi-inovasi pembangunan serta menjadi penopang utama demokratisasi. Habib Hadi berharap insan pers dapat memaknai tema HPN tahun 2023 dimana pers memiliki kebebasan dalam berpendapat, tentunya harus sesuai dengan kode etik jurnalistik yang berlaku.

“Saya sangat mengapresiasi adanya penandatanganan komitmen sebagai suatu upaya dan usaha komitmen bersama antara Pemerintah Kota dan Kabupaten Probolinggo, ketua organisasi dan forkopimda. Saya harap ini menjadi sebuah aksi nyata yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, jangan hanya sekadar tanda tangan tapi maknai apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab,” bebernya.

Habib Hadi juga mengungkapkan, media massa menjadi ujung tombak di dalam pemberitaan dan sesuai dengan fakta. Untuk itu ia berharap para awak media dan pihaknya dapat meningkatkan komunikasi, karena setiap berita membutuhkan konfirmasi dan klarifikasi sebelum diterbitkan. “Pesan saya, ayo kita semua bergandengan tangan untuk melangkah maju demi kebaikan khususnya di wilayah kita masing-masing, di Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo,” pesannya.

Pada puncak peringatan HPN tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah lomba video kreatif yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika. Lomba yang memilih lima video terbaik tersebut bertema “Pembangunan Kota Probolinggo di Empat Tahun Kepimpinan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin”.

Dari delapan peserta yang dikhususkan pada wartawan yang bertugas di wilayah Probolinggo Raya, terdapat lima video terbaik. Yakni, Rawonan Picture "Tak Terbilang"; Fahreza Rizky Nuraga "Probolinggo Hebat"; Fahrizal Firmani "Potret Kota Probolinggo"; Tri Amelia Subandi "Aku dan Kotaku" dan Choirul Umam Masduki "Wajah Baru Alun²".

Sedangkan tiga karya lain yang tak kalah menarik yang ikut berpartisipasi yaitu Lutfi Hidayat "Kota Probolinggo Hebat dan Handal"; Roman Abdullah "Jalan-jalan ke Pantai Permata" dan Rohim "4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin". (mir/fa)

BAGIKAN