283 Kafilah Bersaing di MTQ ke -31 Tingkat Kota

2024

Kanigaran – Syahdunya bacaan ayat suci Al-Qurán yang dibawakan Ustad Samsul Huda mengawali kegiatan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qurán (MTQ) ke -31 Kota Probolinggo. Malam itu juga disuguhkan qasidah kontemporer persembahan dari MI Muhammadiyah 1. Agenda yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (27-28/7) ini dibuka oleh Penjabat Wali Kota Nurkholis yang ditandai dengan pemukulan gong.

Pada kesempatan itu juga diserahkan hibah barang bagi tempat ibadah di kota. Diantaranya, Masjid Al Hikmah Kelurahan Mangunharjo menerima karpet sajadah. Sedangkan 5 Masjid lainnya menerima sepaket sound system. Yaitu, Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Triwung Kidul, Masjid Karimul Ihsan, Masjid Nurunnajah Kelurahan Ketapang, Musola An-nur, Musola Al- Ihsan Kelurahan Mangunharjo.

Kepala daerah yang sekaligus Kepala ESDM Jatim ini mengapresiasi 283 kafilah yang siap bersaing dalam pelaksanaan MTQ tingkat kota. Mengingat jumlah tersebut merupakan peserta hasil seleksi tingkat Kecamatan (13/7) lalu. Nurkholis juga mengukuhkan dan mengambil sumpah bagi para hakim yang bertugas sebagai tim penilai untuk menentukan kejuaraan dalam MTQ tersebut.

“Saya bangga sekaligus iri kepada para hafidz qurán, yang dengan telaten dan susah payah sehingga bisa hafal ada yang 5 juz, 10 juz bahkan 30 juz. Saya setua ini juga berkeinginan menghafal meski hanya 1 juz. Semoga pelaksanaan MTQ ini bisa berjalan lancar dan diperoleh kafilah terbaik untuk mewakili Kota Probolinggo dalam pelaksanaan MTQ tingkat Jatim tahun 2025 mendatang,” ujarnya.

Berikutnya, ada parade defile peserta MTQ dari masing-masing kecamatan. Yaitu defile dari Kecamatan Kademangan, Kecamatan Mayangan, Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Kedopok, Kecamatan Wonoasih.

Sementara itu, Kabag Kesra Andri Purwanto menjelaskan tentang lokasi kegiatan yang tersebar di beberapa titik. Diantaranya, lomba cabang seni baca Al-Qurán golongan dewasa di panggung utama pemkot, lomba cabang seni baca Al-Qurán golongan tartil di Masjid Agung Roudlotul Jannah. Lomba cabang seni baca Al-Qurán golongan remaja dan anak-anak di Masjid Al Hidayah Kodim 0820.

Untuk lomba cabang hafalan qurán golongan 1 dan 5 juz Al-Qurán di musola SMPN 1, untuk lomba cabang seni kaligrafi golongan naskah, hiasan Al-Qurán, dekorasi dan lukis kontemporer di aula Kelurahan Mangunharjo, lomba cabang Fahmil Qurán di pendopo Kecamatan Mayangan dan lomba cabang Syarhil Qurán di halaman gedung museum kota.

Adapun hadiah yang disiapkan, untuk juara 1 uang pembinaan senilai Rp. 3 juta, juara 2 uang pembinaan senilai Rp. 2 juta, juara 3 uang pembinaan senilai Rp. 1 juta. Sedangkan bagi juara harapan 1 uang pembinaan senilai Rp. 750 ribu, harapan 2 uang pembinaan senilai Rp. 500 ribu dan harapan 3 uang pembinaan senilai Rp. 250 ribu. (yul/pin)

BAGIKAN