Apel Haornas, Koni Kota Probolinggo Beri Penghargaan untuk Insan Olahraga Berprestasi

2024

KEDOPOK -  Parade musik dan tari dari grup drumben Gita Surya Muda MI Muhammadiyah 2 Kota Probolinggo sambut kedatangan Penjabat Wali Kota Nurkholis di GOR Mastrip. Pada kesempatan itu, Nurkholis bersama dengan perwakilan jajaran forkopimda menghadiri Apel peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke - 41 Tahun 2024, Senin (9/9) pagi. Apel tersebut juga diikuti oleh ratusan atlet dari perwakilan pengurus kota (pengkot) seluruh cabang olahraga di bawah naungan KONI Kota Probolinggo

Apel diawali dengan defile dari seluruh atlet Kota Probolinggo, diikuti dengan atraksi dari maskot Porprov 2023 Kota Probolinggo. Selanjutnya, ada penampilan seni bela diri Taekwondo, disusul dengan senam lantai yang menampilkan gerakan senam artistik dan ritmik. Setelah itu, unjuk ketangkasan dari atlet pencak silat memperlihatkan seni tunggal menggunakan tongkat. Sebagai penutup, delapan atlet karate menampilkan gerakan Gojushiho-Dai secara serentak dan seirama.

Di hadapan para atlet, Penjabat Nurkholis melaporkan bahwa saat ini beberapa atlet dari Kota Probolinggo sedang bertanding di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. Dirinya juga menyampaikan keberhasilan dari cabang olahraga paramotor Jawa Timur yang berhasil meraih medali.

“Hari ini banyak atlet dari Kota Probolinggo yang sudah berlaga kebetulan kemarin laporan dari cabor paramotor dapat menyumbangkan medali, kebetulan latihannya di Mayangan situ mudah-mudahan atlet yang lain yang berasal dari Kota Probolinggo juga dapat memberikan sumbangsih medali kepada Jawa Timur dan utamanya kepada Kota Probolinggo,“ jelas Penjabat Nurkholis.

Penjabat yang diketahui menekuni olahraga beladiri karate itu juga menyampaikan apresiasi kepada KONI dan seluruh atlet yang telah memajukan olahraga di Kota Probolinggo. “KONI Kota Probolinggo dan seluruh Insan olahraga di Kota Probolinggo yang saya kira dari hari ke hari semakin bagus. Mudah-mudahan ke depan prestasi olahraga di Kota Probolinggo semakin meningkat dan bisa berbicara di tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, KONI Kota Probolinggo sebagai penyelenggara acara memberikan penghargaan kepada insan olahraga legend yang berprestasi. Penghargaan diberikan kepada beberapa tokoh olahraga, antara lain atlet legend Lisye, pelatih legend cabang olahraga petanque Yusdi Martinus, pelatih legend cabang olahraga catur Moch Yanto dan pelatih legend cabang olahraga panjat tebing Iwan Rosyidi. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Wali Kota Probolinggo Periode 2019-2024 Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Bapak Olahraga Kota Probolinggo.

Pada peringatan Hari Olahraga Nasional Ke-41 ini, berbagai harapan dan aspirasi disampaikan oleh para atlet Kota Probolinggo. Afisa, atlet panahan, berharap melalui olahraga, generasi muda Kota Probolinggo dapat lebih berprestasi. Begitu juga dengan Farhan, atlet bola tangan, yang berkeinginan agar Kota Probolinggo ke depannya memiliki sarana pelatihan terpusat untuk pengembangan para atlet.

“Fasilitas olahraga harus diperbaiki dan pelatihan terpusat juga, kan sekarang lapangan lapangan perlu perbaikan juga, dan atlet atlet itu harus dipusatkan biar lebih profesional,” terang Farhan yang mengaku akan mengikuti kompetisi bola tangan (handball) se-Jatim di Bulan Desember nanti.

Turut hadir di apel Hari Olahraga Nasional Ke-41 Kepadla Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo Dodik Hermawan, Kepala Dispopar Rahmadeta Antariksa dan Ketua KONI  Rahadian Juniardi. (dp/pin)

BAGIKAN