Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Hari Kemerdekaan, Jadi Momen Mengenang Pahlawan

2024

KANIGARAN - Pj. Wali Kota Nurkholis bersama Forkopimda melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan Kota Probolinggo, Sabtu (17/8) dini hari. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural, TNI-Polri, veteran beserta ASN dan Non ASN di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian Purwono. Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan upacara penghormatan dan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga pada makam pahlawan yang diawali oleh Pj. Wali Kota Nurkholis dan diikuti oleh anggota Forkopimda lainnya.

Acara malam itu berlangsung khidmat, mereka berdoa secara khusus di makam para pahlawan dan mengingatkan kembali akan arti pentingnya perjuangan para pahlawan dalam sejarah kemerdekaan bangsa.

Dikatakan Pj. Nurkholis, kegiatan ini bukan hanya sekedar upacara biasa, momen ini diartikan untuk mengenang kesucian pengorbanan para pahlawan yang telah gugur dalam pengabdian dan perjuangan demi kemerdekaan.

“Nilai-nilai perjuangan para pahlawan adalah pengabdian dan rasa cinta tanah air yang harus kita manifestasikan dalam melaksanakan tugas sehari-sehari sebagai pelayan masyarakat”, ungkapnya.

Diketahui yang bersemayam di TMP ini antara lain, TNI 342 orang, pejuang rakyat 18 orang, Polri 1 orang, dan pahlawan tak dikenal 21 orang. (uby/pin)

BAGIKAN