Apresiasi Ide Kreasi Menu Masak Ikan, Begini Harapan Dewi Maharani

2024

KANIGARAN - Penjabat Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Rr. Dewi Maharani Eka Putri memberi dukungan dan semangat kepada peserta yang akan mengikuti lomba masak ikan tingkat Provinsi Jawa Timur 2024. Ia hadir dalam persiapan jelang lomba di Balai Penyuluhan Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Probolinggo, Selasa (16/7).

Lomba masak ikan tingkat Jatim itu bakal digelar 18 Juli mendatang di Kota Surabaya. Pesertanya anggota TP PKK Kabupaten/Kota yang telah ditunjuk untuk mewakili wilayahnya masing-masing. Ada 3 jenis menu berbahan baku ikan yang dilombakan. Yaitu menu ikan untuk keluarga menggunakan ikan tuna, menu balita berbahan baku ikan khas/komoditas unggulan daerah dan menu kudapan dengan bahan baku ikan/komoditas khas daerah masing-masing.

Dalam simulasi memasak siang itu, tim Kota Probolinggo telah menyiapkan 3 menu andalan. Yakni, menu keluarga Grill Javanese selimut anggur, menu balita Le Bomber (Lele bomboloni Lumer) dan menu kudapan Lebusar (Lele Bubur Sapar).

“Persiapannya sudah matang, saya beri masukan sedikit di plating saja tadi. Saya melihat komposisinya sudah bagus dan sesuai tema, rasa dan kreasinya juga. Jenis ikan yang dipakai adalah ikan lele yang memiliki nilai gizi tinggi dan ada mangga dan anggurnya yang menjadi khas Kota Probolinggo. Insyaallah semoga Kota Probolinggo menjadi juara di perlombaan nanti,” terang Penjabat Ketua TP PKK Dewi Maharani.

Dewi Maharani yang juga menjabat sebagai Penjabat Ketua Forikan Kota Probolinggo mengapresiasi ide dan kreasi dari para peserta lomba. “Saya mengapresiasi ide para peserta yang luar biasa, yang mampu membuat kreasi menu dengan bahan baku ikan. Melalui lomba ini akan semakin mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan. Juga bentuk motivasi dan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan gizi sebagai salah satu upaya pencegahan stunting,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Probolinggo Aries Santoso berharap peserta dari Kota Probolinggo akan menang dan berhasil maju ke tingkat nasional.

“Simulasi masak ikan hari ini (16/7) kita lakukan agar sesuai dengan waktu yang ditetapkan saat lomba nanti. Termasuk dengan tampilan atau plating-nya juga. Apalagi ini di-support ibu Pj Ketua TP PKK, mudah-mudahan sesuai dengan harapan kita semua yaitu menjadi juara dan melaju ke tingkat nasional,” harapnya. (mir/yul)

BAGIKAN