Atraksi Penyelamatan Warnai HUT Satpol PP, Damkar, Linmas

2024

KANIGARAN – Suasana menegangkan mendadak terjadi begitu bunyi sirine mobil pemadam kebakaran (PMK) datang. Para petugas damkar sigap dalam upaya penyelamatan korban kebakaran yang posisinya di gedung lantai 2. Hingga akhirnya korban berhasil diselamatkan.

Atraksi penyelamatan ini disimulasikan usai upacara gelar pasukan Sabtu pagi (9/3). Sebagai rangkaian peringatan HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, HUT ke-62 Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas).

Di Mako Satpol PP, Penjabat Wali Kota Nurkholis menjadi Inspektur upacara.  Ia memberikan apresiasi kepada anggota Satpol PP, Damkar dan Satlinmas atas dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan, utamanya saat gelaran pemilu (14/2) lalu. Proses pemungutan suara di wilayah Kota Probolinggo terlaksana dengan aman, lancar dan kondusif.

Ia berharap, hal serupa bisa dipertahankan saat Pemilihan umum Kepala Daerah (pemilukada) bulan November mendatang. “Jangan lengah, siap siaga terhadap segala kemungkinan gangguan ketertiban dan keamanan. Seluruh potensi gangguan harus mendapat perhatian serius. Sikap waspada, penuh tanggung jawab dan profesional dalam melaksanakan tugas harus senantiasa ditingkatkan. Saat ada gangguan segera ditangani dan diatasi sesuai tupoksi,” pesannya.

Pimpinan nomor satu di kota ini meminta, hadirnya Satpol PP, Damkar dan Satlinmas dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat Kota Probolinggo. “Selamat ulang tahun Satpol PP, Damkar dan Satlinmas. Jaga lembaga agar lebih bermanfaat. Ini sejalan dengan apa yang digaungkan oleh pemerintah, namanya reformasi berdampak,”pintanya.

Nurkholis menjelaskan, semua hal yang dilakukan harus punya dampak positif bagi masyarakat. Bukan sekedar lip service serta di kertas saja, namun seluruh program, kegiatannya dapat dirasakan dampaknya.

Selanjutnya, Nurkholis menyerahkan penghargaan dari Pj Gubernur Jawa Timur sebagai Terbaik 1  Sinergitas Kinerja Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) tahun 2023 pada Kasatpol PP Pujo Agung Satrio.

Turut mengikuti upacara gelar pasukan diantaranya Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto, Sekda Ninik Ira Wibawati, perwakilan anggota forkopimda dan kepala perangkat daerah di lingkungan pemkot.

Usai atraksi yel-yel, senam bersama diakhiri dengan prosesi tasyakuran. (es/dp)

BAGIKAN