Berikan Kontribusi Besar untuk Pramuka, Pj Wali Kota Nurkholis Terima Penghargaan

2024

Surabaya- Sebuah Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti Pramuka diterima Kamabicab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo Nurkholis, Rabu pagi (22/5). Lencana tersebut diserahkan oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso di Gedung Grahadi, Surabaya.

Penghargaan diberikan bersamaan dengan agenda Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Masa Bakti 2024 -2025. Termasuk pengurus kwartir daerah, dan lembaga pemeriksa keuangan gerakan pramuka Jawa Timur. Yang dikukuhkan diantaranya, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono sebagai Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jatim, sebagai wakilnya Kapolda Jatim, termasuk pengukuhan pengurus lainnya. 

Pj Wali Kota Nurkholis menerima tanda penghargaan tersebut bersama Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Arum Sabil dan Kamabicab gerakan Pramuka Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro.

“Penghargaan ini menjadi spirit bagi saya dalam mengemban tugas sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo. Apalagi keberadaan Pramuka merupakan bagian dari mencetak generasi muda yang disiplin, berkualitas dan berprestasi. Mereka inilah calon pemimpin bangsa,” ujarnya usai acara.

Ia berpesan agar semua pengurus dibawahnya juga memiliki komitmen dalam mengembangkan kepramukaan. Termasuk peran aktif semua pihak agar gerakan pramuka di Kota Probolinggo bergerak dinamis serta memiliki manfaat bagi masyarakat.

Penghargaan Lencana Darma Bakti sendiri merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, dana, dan fasilitas yang cukup besar sehingga sangat membantu dalam kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

Dalam acara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengapresiasi Pemprov Jatim. Khususnya terkait alokasi anggaran yang memadai untuk pembinaan Pramuka di Jawa Timur. Hal ini menjadi bukti keseriusan dalam mempersiapkan generasi muda sebagai pemimpin bangsa ke depan.

Hal serupa juga diungkapkan Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono yang mendukung gerakan pramuka, karena memiliki peran dalam kemajuan pembangunan.

“Gerakan Pramuka memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Termasuk bagian dari karakter dan jati diri kuat seebagai bangsa. Kekuatan inilah yang membedakan kemajuan Indonesia disbanding negara lain di dunia,” urainya. (yul/pin)

BAGIKAN