Forkopimda Bareng Pramuka Menyelam Kibarkan Bendera Merah Putih

2024

PROBOLINGGOSekira belasan penyelam kolaborasi antara Forkopimda dan Pramuka melakukan penyelaman untuk mengibarkan bendera merah putih di sumber air Rumah Produksi Ronggojalu Perumda Air Minum Bayuangga (PUDAM), Sabtu (3/8). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-79 dan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-665. Sekaligus juga dilakukan penanaman bibit sengon dan penebaran ribuan bibit ikan air tawar untuk kelestarian sumber mata air setempat.

Diantara penyelam, Pj Wali Kota Nurkholis selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Kota Kota Probolinggo, Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm. Heri Budiasto, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian, serta beberapa penyelam dari anggota Pramuka, KSOP Kelas IV Probolinggo, Taruna Siaga Bencana (Tagana), pegawai PUDAM dan Komunitas Marine Coral Dive Probolinggo berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Mereka melakukan formasi upacara pengibaran dan penghormatan kepada bendera merah putih di kedalaman kurang lebih 7 meter. Turut mengamankan tim penyelam adalah anggota BPBD Kota Probolinggo.

“Tadi ada seremoni pengibaran bendera dan penghormatan, ada saya, Pak Kapolresta, Pak Dandim yang hormat pada bendera,” terang Penjabat Nurkholis usai melakukan penyelaman bersama.

Diungkapkan Nurkholis, pengibaran bendera merah putih di bawah air merupakan agenda pertama yang dilaksanakan di sumber air Ronggojalu. Acara berlangsung lancar dan aman. “Kalau pengibaran di gunung sudah umum dan di Ronggojalu baru pertama mungkin ya, kalau di laut mungkin sering, meskipun tidak terlalu dalam tapi lumayan. Kesulitan tidak ada, karena kita bertiga sudah biasa menyelam,” ungkap Nurkholis.

Sementara itu Dandim 0820/Probolinggo mengatakan, penyelaman kali ini juga sekaligus sebagai sarana promosi salah satu potensi wisata yang dikelola PUDAM Kota Probolinggo.

“Kita bangga bisa menyelam di Ronggojalu ini, dan orang umum mungkin juga boleh kesini, jadi ini adalah salah satu destinasi yang bisa dikembangkan untuk wisata umum juga,” kata Letkol Arm. Heri Budiasto.

Ditegaskan kembali oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian, bahwa kegiatan kali ini menjadi simbol kecintaan terhadap kehidupan dan kelestarian lingkungan.

“Itu namanya filosofi tanah air, di tanah kita bernafas, di air itu sumber kehidupan, jadi kenapa menyelamnya harus di air, tidak ada menyelam di tanah. Kenapa dipilih disini, karena Ronggojalu adalah air untuk sumber kehidupan kota dan kabupaten,” terang Kapolres Probolinggo Kota yang dilantik bulan Juli lalu itu.

Diketahui, acara di Rumah Produksi Ronggojalu juga diisi dengan pemberian santunan kepada murid TK dari sekolah di sekitar kawasan setempat. Turut hadir diantaranya Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati, segenap asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah terkait, Direktur PUDAM Kota Probolinggo Indra Sovia Jalal dan perwakilan Bank Jatim Probolinggo. (dp/pin)

BAGIKAN