Gebyar Semarak Lansia Akan Meriahkan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Ke-28

2024

Kanigaran - Jum'at (06/09) siang, Pengurus Yayaaan Gerontologi Abiyoso Kota Probolinggo melakukan audiensi bersama Pj. Nurkholis di Ruang Kerja Wali Kota Probolinggo. Turut hadir Kabag Kesra Andri Purwanto, Sekdis Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Anak (Dinsos PPPA) Lucia Aries.

Dalam audiensi itu, Pengurus Yayasan Gerontologi Abiyoso menyampaikan maksud dan tujuannya yakni untuk silahturahmi sekaligus mengundang Pj. wali kota untuk  berkenan hadir dalam gelaran peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) ke-28 yang akan diselenggarakan pada 21 September 2024 mendatang.

Selaku ketua yayasan, dr. H.R Bambang Harijadi menjelaskan ada beberapa agenda yang nantinya akan diikuti oleh 150 lansia se Kota Probolingo. Sesuai dengan temannya yakni Lansia Sehat dan Berdaya Guna Indonesia Emas, para lansia akan diajak berpartisipasi dalam giat senam bersama "Line Dance" yang memadukan antara gerakan senam dan tari.   

"Sebenarnya peringatan itu harusnya di tanggal 29 Mei Pak Wali, mohon ijin karena kami baru di bulan Juli mendapatkan dana hibah dari Dinsos jadi Halun 2024 baru kami agendakan bulan ini dengan Gebyar Semarak Lansia. Ada kegiatan senam dan ada kegiatan sosial serta hiburannya," terangnya.

Lebih lanjut, dr. Bambang juga menyampaikan di bulan Muharam lalu pihaknya telah menyelenggarakan santunan anak yatim sebanyak 20 anak. Sedangkan pada Gebyar Semarak Hari Lansia bulan September mendatang akan ada pemberian bantuan kepada abang becak  sebanyak 50 orang senilai Rp.150.000 kepada masing-masing penerima, dan alat timbangan yang akan diberikan untuk kegiatan Posyandu Lansia, dengan harapan kesejahteraan lansia meningkat sesuai dengan tagline yang mereka buat, yakni LansiaTerawat, Negara Bermartabat," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Nurkholis mengapresiasi atas gelaran yang akan dilaksanakan oleh Yayasan Gerontologi Abiyoso tersebut. Psalnya giat tersebut dinilai sebagai upaya peningkatan kesejahteraan sosial terhadap para lanjut usia.

Pj. Nurkholis merasa terhormat atas undangan yang diberikan, apalagi yayasan tersebut hanya ada dua di  wilayah Jawa Timur, salah satunya Yayasan Gerontologi Abiyoso Kota Probolinggo

"Tua itu kan tingkat kejayaan ya, sunatullah orang itu pasti tua, gak ada orang hidup itu semakin muda. Saya merasa terhormat dapat undangan ini. Bagi saya ini sebuah penghormatan dari senior kepada saya. Ya tidak apa-apa sesekali bisa nyenengin orang tua itu kan ibadah," jawabnya.

Adapun rangkaian agenda yang akan di gelar dalam peringatan Hari Gebyar Semarak Lansia ke-28 nanti, yaitu pengajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kemudian di puncak acara, ada senam bersama ULD (Universal Line Dance), bakti sosial dengan menghadirkan pelayanan cek kesehatan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan P2KB, pemberian bantuan kepada tukang Blbecak dan hiburan musik Keroncong oleh Kerapro (Keronconge Arek Probolinggo). (dev/uby)

BAGIKAN